Share

5 Calon Kuat Juara MotoGP 2022 di Luar Marc Marquez, Nomor 1 Penerus Valentino Rossi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 38 2524042 5-calon-kuat-juara-motogp-2022-di-luar-marc-marquez-nomor-1-penerus-valentino-rossi-LwOq2FcTl8.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

MOTOGP 2022 akan segera bergulir pada 6 Maret 2022 dan seperti biasanya akan dimulai dari MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail. Tentunya sebelum kompetisi dimulai, ada banyak prediksi terkait siapa kira-kira yang akan menjadi juaranya di musim baru tersebut.

Okezone sendiri sudah menentukan lima calon kuat juara MotoGP 2022. Tentunya kelima pembalap yang disebutkan tidak termasuk rider Repsol Honda, Marc Marquez yang sampai saat ini bahkan belum diketahui bisa ikut balapan MotoGP 2022 atau tidak karena ia masih berjuang dengan cederanya. Lantas siapa saja kelima pembalap calon juaranya?

Berikut 5 Calon Kuat Juara MotoGP 2022 di Luar Marc Marquez:

5. Johann Zarco (Pramac Ducati)

Johann Zarco

Johann Zarco semakin mengenal motor Desmosedici. Hal itu terbukti dengan beberapa peningkatan yang dibuatnya sejak bergabung dengan Ducati pada MotoGP 2020.

Pada musim 2021, Zarco tampil mengesankan dengan finis di urutan kelima dengan meraih empat kali mengakhiri balapan sebagai runner-up. Diprediksi jika Zarco terus mengalami peningkatan bukan tidak mungkin ia akan menjadi pesaing nyata meskipun berstatus pembalap satelit Ducati.

4. Jack Miller (Ducati Lenovo)

Jack Miller

Ducati menjadi pemenang di klasemen konstruktor dan tim terbaik di MotoGP 2021. Hal itu tak terlepas dari kemampuan Desmosedici yang makin meningkat pesat dn Miller menjadi salah satu pembalap yang berhasil memaksimalkan kuda besi tersebut.

Pada MotoGP 2021, Miller dua kali keluar sebagai pemenang, tepatnya di seri Spanyol dan Prancis. Lalu ia juga berdiri di peringkat ketiga sebanyak tiga kali, yang berarti total ada lima podium yang diraih Miller.

Miller sendiri sejatinya tampil baik, hanya ia kurang konsisten, bahkan empat balapan ia harus kehilangan poin karena mengalami insiden. Andai Miller bisa memperbaiki masalahnya tersebut, maka bukan tidak mungkin rider asal Australia itu bisa meraih gelar juara dunia MotoGP 2022.

3. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

Joan Mir

Mir kehilangan gelar juara karena Fabio Quartararo. Sebagai sang juara dunia MotoGP 2020, Mir tentu masuk ke dalam kandidat kuat pemenangn di musim 2022 mendatang.

Meski gagal juara di MotoGP 2021, Mir mampu finis urutan ketiga, yang menandakan ia masih kompetitif. Hanya saja rekan setim Alex Rins itu tak bisa konsisten finsi di podium seperti yang dilakukannya saat menjuara MotoGP 2020. Di musim 2021, Mir tercatat hanya enam kali naik podium tanpa memenangkan satu pun balapan.

2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Fabio Quartararo

Awal MotoGP 2021, Quartararo tampil luar biasa. Di paruh pertama Quartararo mampu merebut empat kemenangan dari enam podium yang ia raih. Sisanya ia hanya bisa merasakan satu kemenangan saja.

Namun, itu semua sudah cukup untuk mengantarkan Quatararo menjadi juara dunia MotoGP 2021 dengan keunggulan 26 poin dari peringkat kedua yang dihunu Francesco Bagnaia. Tentu dengan statusnya sebagai juara bertahan, Quartararo sangat layak disebut sebagai kandidat kuat pemenang di MotoGP 2022.

1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia bersama Jack Miller dan Joan Mir

Bagnaia bisa dikatakan telat panas di MotoGP 2021. Di paruh pertama ia hanya bisa tiga kali finis podium tanpa merasakan kemenangan. Bagnaia tampil bagus, tapi kurang menggigit.

Lalu di paruh kedua Bagnaia baru bisa unjuk gigi. Enam balapan terakhir, lima di antaranya ia selalu finis di podium. Bahkan empat balapan itu ia keluar sebagai pemenang. Momen itulah ia bisa mengejar poin dari Quartararo.

Sementara Quartararo kembali tampil melempem di akhir seperti yang terjadi di MotoGP 2020. Bedanya Quartararo masih bisa naik podium beberapa kali sehingga mampu mengamankan keunggulannya.

Terlepas dari itu semua, Bagnaia di akhir musim jauh lebih hebat ketimbang Quartararo. Lalu hasil tes pascamusim MotoGP 2021, motor Desmosedici menguasai sesi uji coba tersebut.

Diprediksi Desmosedici akan semakin kuat di MotoGP 2022 dan Bagnaia tentu akan semakin hebat jika memiliki motor terbaik.

Tentunya sudah sangat lama tidak melihat pembalap asal Italia seperti Valentino Rossi memenangkan kejuaraan balap MotoGP. Bagnaia yang merupakan anak didik Rossi tentu diharapkan bisa mengharumkan pembalap Italia di ajang balapan tersebut lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini