Share

Atlet Pelatnas Ditarik dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Melati Daeva: Itu Pilihan yang Terbaik

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 02:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 40 2514739 atlet-pelatnas-ditarik-dari-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-melati-daeva-itu-pilihan-yang-terbaik-iSej1Ohr65.jpg Melati Daeva Oktavianti. (Foto: Instagram/melatidaeva)

JAKARTA – Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Melati Daeva Oktavianti mengaku sangat senang dengan keputusan yang sudah diambil PBSI terkait menarik seluruh atlet Pelatnas dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Pasalnya ia melihat itu adalah keputusan yang terbaik demi menjaga kesehatan para atlet.

Turnamen tersebut sedianya digelar pada 12-19 Desember mendatang di Huelva, Spanyol. Akan tetapi, karena memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan para pemain, PBSI membatalkan keberangkatan semua pemain yang tergabung dalam Pelatnas Cipayung.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna pada Rabu 8 Desember 2021. Dia mengatakan bahwa penyebaran yang cepat dari varian baru virus Covid-19, yakni Omicron, di Eropa menjadi alasan utama mengapa para pemain tidak jadi diberangkatkan ke Negeri Matador.

Baca Juga: Ini Sisi Lain Serena Kani, Wakil Indonesia Satu-satunya di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Humas PP PBSI)

Mendengar hal tersebut, Melati menerimanya tanpa ragu. Menurutnya, itu dilakukan demi menghindari risiko terpaparnya para pemain yang bisa menjadi perantara bagi Omicron ketika kembali ke Tanah Air.

"Saya melihat perkembangan dan situasi terkini, lalu mendengar arahan dan diskusi dari para pelatih, keputusan ini mungkin memang terbaik. Semuanya untuk menghindari risiko terpapar. Kesehatan tim paling utama," kata Melati dikutip dari rilis PBSI, Jumat (10/12/2021).

Ditambah lagi, keputusan itu sesuai dengan petunjuk dari Presiden Joko Widodo yang memberikan arahan ketika berkunjung ke Indonesia Badminton Festival 2021, di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu. Saat itu, Jokowi berpesan agar para pemain tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama pandemi covid-19 yang masih belum selesai meneror dunia.

Alhasil, tidak ada alasan bagi para pemain untuk kecewa karena tidak jadi berkompetisi di Kejuaraan Dunia 2021. Mereka harus bisa mengambil hikmah dari kejadian ini, yang salah satunya membuat mereka memiliki waktu istirahat yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri bertarung di turnamen-turnamen tahun depan setelah menjalani serangkaian jadwal padwat dalam beberapa bulan terakhir.

Melati Daeva Oktavianti (Instagram/melatidaaeva)

Sekadar informasi, selain pemain yang tergabung di Pelatnas, Tommy Sugiarto yang ikut berkompetisi secara mandiri juga mengundurkan diri dari Kejuaraan Dunia 2021. Akan tetapi, masih ada pasangan ganda campuran yang dikirim oleh PB Djarum yang akan berlaga di sana, yakni Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

Dejan/Serena menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini