Share

Breaking News: Indonesia Resmi Mundur dari BWF World Championship 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 40 2513648 breaking-news-indonesia-resmi-mundur-dari-badminton-world-championship-2021-Vl6DBUt12M.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat berlaga. (Foto: Humas PBSI)

TIM Indonesia mundur dari BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Kabar ini disampaikan oleh pihak Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dalam keterangan resmi yang diberikan Rabu (8/12/2021) pagi WIB.

Ajang BWF World Championship 2021 sendiri sejatinya akan digelar di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021. Dalam keterangannya, pihak PBSI menyatakan penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron yang tidak menentu menjadi alasan utamanya.

Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia 2021

Keputusan mundur pun diambil demi menjaga keselamatan pemain. Pihak PBSI memutuskan tak memberangkatkan pemainnya setelah mendapat masukan dari pengurus, pelatih, dan Kabid Binpres.

BACA JUGA: Sudah Terkumpul Ratusan Juta Rupiah, Badminton Charity for Bali Berjalan Sukses

Sebelumnya, sesuai laporan Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta, kepada Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, diputuskan bahwa keberangkatan tim bulu tangkis Pelatnas Cipayung ke Kejuaraan Dunia dibatalkan. Ini mengingat pemerintah Republik Indonesia sangat perhatian terhadap merebaknya varian virus Omicron.

BACA JUGA: Masih Bertanding di Bali, Pebulu Tangkis Dunia Kini Dibuat Terpukau dengan Keindahan Sunset

"Keputusan menarik diri tim bulutangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna," tutur Alex Tirta, sebagaimana dikutip dalam siaran resmi PBSI, Rabu (8/12/2021).

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," kata Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

"Kami tidak mau mengambil resiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," lanjut Rionny.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Foto: Badminton Photo

Selain itu, ada juga imbauan dari pemerintah Republik Indonesia, di tengah pandemi yang belum mereda untuk mengurangi kegiatan berpergian ke luar negeri. Apalagi, di sejumlah negara Eropa juga terjadi lonjakan pesat kasus Covid-19.

Dengan keputusan ini, tim Indonesia akan langsung bersiap untuk menghadapi turnamen pada 2022. Rangkaian ajang di Badminton Festival Indonesia jadi yang terakhir dilakoni Marcus Fernaldi Gideon dan pebulu tangkis lain di Tanah Air pada tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini