Share

Tips Jadi Pembalap Hebat, Valentino Rossi: Harus Punya Rasa Takut

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 38 2512656 tips-jadi-pembalap-hebat-valentino-rossi-rasa-takut-sangat-penting-duS6GLRUBN.jpg Valentino Rossi memberi tahu tip untuk menjadi pembalap hebat (Foto: Reuters)

TAVULLIA - Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, membagikan tip bagi siapa pun yang ingin jadi pembalap hebat. Bagi Rossi, paling penting adalah memiliki rasa takut. Mengapa demikian?

Menuru The Doctor, jika seorang pembalap balapan tanpa mengenal rasa takut, itu akan berbahaya bagi dirinya sendiri. Sebab, biasanya para pembalap akan congkak jika berada dalam kondisi bugar.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Mereka akan berani mengambil lebih banyak risiko ketika ingin menyalip lawan yang ada di depan. Oleh sebab itu, mereka harus mengetahui batasan risiko dengan rasa takut tersebut.

“Bagi kami, yang memainkan olahraga berbahaya, ketakutan sangat penting. Sebaliknya, rasa takut sangat penting untuk memahami batasnya," kata Rossi dilansir dari Tuttomotoriweb, Sabtu (4/12/2021).

BACA JUGA: Kini Diidolai Banyak Orang, Fabio Quartararo Kenang Momen saat Jadi Penggemar Valentino Rossi

"Yang terbaik adalah mereka yang berhasil mencapai batas atau sangat dekat, tanpa melebihi batas kemampuannya,” tuturnya.

“Rasa takut sangat penting dalam balap motor. Jika Anda selalu melaju tanpa rasa takut, itu tidak baik. Ada waktu ketika Anda sangat fit sehingga Anda dapat mengambil risiko, tetapi jika Anda mulai melakukan itu terlalu sering, cepat atau lambat itu akan berakhir buruk,” imbuh Rossi.

Selain itu, jika seorang pembalap terlalu sering menyebabkan kecelakaan, mereka bisa tidak disukai oleh pembalap lainnya. Sebagai contoh, pembalap Moto3, Darryn Binder, yang dianggap terlalu agresif ketika balapan sehingga cukup sering menjadi biang kerok dalam sebuah insiden.

Bahkan, ketika resmi promosi ke kelas MotoGP pada musim 2022 bersama RNF Yamaha, banyak pembalap kelas utama yang kurang menerimanya. Sebab, mereka khawatir adik dari Brad Binder itu akan menyebabkan banyak masalah di MotoGP 2022.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Alhasil, saran Rossi layak untuk direnungkan oleh para pembalap yang memiliki gaya balap agresif, termasuk Darryn. Kemenangan memang penting dalam balapan, tetapi keselamatan lebih utama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini