Share

Belum Juga Jejaki Rekor Valentino Rossi dan Casey Stoner, Marc Marquez Keburu Pensiun dari MotoGP?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 38 2503866 belum-juga-jejaki-rekor-valentino-rossi-dan-casey-stoner-marc-marquez-keburu-pensiun-dari-motogp-N6bcVXy2jm.jpg Marc Marquez keburu pensiun dari MotoGP sebelum ikuti rekor Valentino Rossi dan Casey Stoner? (Foto: MotoGP.com)

VALENTINO Rossi dan Casey Stoner memegang rekor di MotoGP. Semenjak era MotoGP yang dimulai pada 2002, hanya dua pembalap yang ini keluar sebagai juara dunia MotoGP bersama dua tim berbeda.

The Doctor –julukan Valentino Rossi– melakukannya bersama Repsol Honda pada 2002 dan 2003. Sementara itu, pada 2004, 2005, 2008 dan 2009, Valentino Rossi melakukannya bareng Yamaha.

Valentino Rossi

(Valentino Rossi saat merebut gelar juara MotoGP 2005 bareng Yamaha)

Bagaimana dengan Casey Stoner? Pembalap asal Australia ini merebut gelar juara dunia pertamanya bareng Ducati pada 2007. Kemudian selang empat tahun, Casey Stoner kembali memenangkan trofi juara, kali ini bareng Repsol Honda.

Casey Stoner

(Casey Stoner saat bela Ducati)

Sekarang yang jadi pertanyaan, adakah pembalap aktif di MotoGP yang mampu mengikuti jejak sukses Valentino Rossi dan Casey Stoner? Saat ini dari 22 pembalap yang akan turun di MotoGP 2022, tiga di antaranya pernah merasakan gelar juara MotoGP.

Joan Mir merupakan juara MotoGP 2020 bareng Suzuki Ecstar. Sementara itu, Fabio Quartararo memenangkan gelar juara MotoGP 2021 bareng Tim Monster Energy Yamaha.

BACA JUGA: Meski Baru Pensiun, Valentino Rossi Sepakat Kembali Tunggangi Motor Desmosedici Milik Ducati

Bagaimana dengan Marc Marquez? The Baby Alien –julukan Marc Marquez– memenangkan enam gelar juara MotoGP, namun hanya bersama satu tim yakni Repsol Honda.

Dari tiga nama di atas, bisa dibilang Cuma Marc Marquez yang agak sulit mengekor capaian Valentino Rossi dan Marc Marquez. Pertama, Marc Marquez masih terikat kontrak jangka panjang bersama Repsol Honda, yakni hingga pengujung 2024.

Marc Marquez

Kedua, Marc Marquez rentan cedera sehingga tim-tim lain bakal berpikir dua kali untuk menggamit rider berjuluk The Baby Alien tersebut. Sekadar infomasi, kegagalan Marc Marquez menjadi juara MotoGP 2020 dan 2021 karena serangkaian cedera yang ia alami.

Jika pun pulih dari cedera, tak ada jaminan Marc Marquez tampil kompetitif di MotoGP 2022. Dalam wawancara medio April 2021, Marc Marquez mengatakan akan pensiun dari MotoGP jika tak lagi tampil kompetitif.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race medio April 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini