Share

Alami Masalah Penglihatan, Marc Marquez Gagal Kalahkan Valentino Rossi dan Pensiun dari MotoGP?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 38 2499539 alami-masalah-penglihatan-marc-marquez-gagal-kalahkan-valentino-rossi-dan-pensiun-dari-motogp-g9pEQ2rwrV.jpg Marc Marquez gagal kalahkan Valentino Rossi dan pensiun dari MotoGP? (Foto: Laman resmi MotoGP)

MARC Marquez didiagnosa mengalami diplopia atau masalah penglihatan sejak 2011. Puncak dari masalah di atas dialami Marc Marquez usai terjatuh saat berlatih motocross pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Apakah kondisi di atas membuat Marc Marquez gagal mengalahkan perolehan gelar juara dunia Valentino Rossi sekaligus pensiun dari MotoGP?

“Ini merupakan masa-masa yang sulit. Setelah mengunjungi Dr. Sanchez Dalmau, saya dipastikan mengalami diplopia atau pandangan ganda sejak 2011,” kata Marquez di akun Twitter miliknya.

Marc Marquez

“Saya harus bersabar. Tetapi, jika ada satu hal yang saya pelajari, adalah menghadapi keadaan ini dengan energi positif. Terima kasih atas dukungannya,” lanjut Marc Marquez.

Akibat terjatuh saat berlatih Motocross, Marc Marquez absen di dua seri pamungkas MotoGP 2021. Ia juga absen di tes pramusim MotoGP 2022 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo awal pekan depan.

Marc Marquez sebenarnya dalam posisi yang positif untuk mengalahkan gelar juara dunia milik Valentino Rossi kelar musim 2019. Setelah memastikan gelar juara MotoGP 2019, Marc Marquez telah mengoleksi delapan gelar juara dunia. Dengan perincian enam gelar juara MotoGP, serta masing-masing satu trofi kelas 125 dan 250 cc.

BACA JUGA: Marc Marquez Resmi Absen di MotoGP Valencia 2021 karena Kelumpuhan Saraf Kanan, Makin Dekat dengan Pensiun?

Koleksi trofi di atas hanya berjarak satu gelar dari Valentino Rossi. The Doctor –julukan Valentino Rossi– menyabet delapan gelar, dengan perincian enam trofi MotoGP, serta masing-masing satu di kelas 125 dan 250 cc.

Namun, The Baby Alien mengalami serangkaian musibah pada 2020 dan 2021. Alhasil, Marc Marquez belum kunjung mengejar perolehan gelar juara dunia Valentino Rossi.

Valentino Rossi

(Valentino Rossi pemegang sembilan gelar juara dunia di ajang Grand Prix)

Di MotoGP 2020, Marc Marquez mengalami cedera patah lengan kanan di seri pembuka dan membuatnya absen di sepanjang tahun. Sementara di MotoGP 2021, Marc Marquez belum dalam kondisi optimal dan membuatnya gagal bersaing di perebutan gelar juara.

Kondisi di atas diperparah dengan cedera yang dialami Marc Marquez saat berlatih motocross. Jadi, akankah Marc Marquez takkan pernah bisa mengejar perolehan gelar juara dunia milik Valentino Rossi?

Marc Marquez bisa saja comeback di MotoGP 2022, namun adakah jaminan ia tampil kompetitif? Sebelumnya dalam sebuah wawancara medio April 2020, Marc Marquez mengaku bakal pensiun dari MotoGP jika gagal tampil kompetitif.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race medio April 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini