Share

Marc Marquez Resmi Absen di MotoGP Valencia 2021 karena Kelumpuhan Saraf Kanan, Makin Dekat dengan Pensiun?

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 38 2499176 marc-marquez-resmi-absen-di-motogp-valencia-2021-karena-kelumpuhan-saraf-kanan-makin-dekat-dengan-pensiun-5AcXpeJTLs.jpg Marc Marquez resmi absen di MotoGP Valencia 2021. (Foto: MotoGP.com)

PEMBALAP Tim Repsol Honda, Marc Marquez, resmi absen di MotoGP Valencia 2021 yang berlangsung akhir pekan ini. Penyebabnya karena Marc Marquez mengalami kelumpuhan pada saraf kanan keempat yang terkait dengan otot. Apakah ini pertanda Marc Marquez bakal segera pensiun dari MotoGP?

Sekadar informasi, Marc Marquez mengalami gegar otak usai terjatuh saat berlatih motocross pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Akibatnya, The Baby Alien –julukan Marc Marquez– absen di MotoGP Algarve yang berlangsung akhir pekan lalu.

Marc Marquez

Setelah satu pekan, rupanya keadaan Marc Marquez masih belum pulih. Ia bahkan diketahui mengalami diplopia, yang gejalanya merupakan penglihatan ganda. Hal itu tentu berbahaya jika dipaksakan.

Selain itu, terdapat sistem saraf yang juga mengalami kelumpuhan, dan sudah dialami oleh Marquez. Dr. Sanchez Dalmau yang mengawasi kondisi Marc Marquez pun menganjurkan perawatan yang aman dan berkala.

“Pemeriksaan yang dilakukan kepada Marc Marquez setelah insiden, menunjukkan jika sang rider mengalami diplopia. Selain itu, ditemukan pula kelumpuhan pada saraf kanan keempat yang terkait dengan otot,” kaya Dr. Dalmau di laman resmi Honda, Selasa (9/11/2021).

BACA JUGA: Masalah Gegar Otak Marc Marquez Ditutup-tutupi, Pertanda The Baby Alien Pensiun dari MotoGP?

“Perawatan secara periodik telah diambil untuk perkembangan klinis selanjutnya. Saraf kanan tersebut diketahui sudah ada sejak cedera pada 2011 silam,” lanjutnya.

Akibat kejadian ini, maka musim Marc Marquez berakhir lebih awal. Saat ini ia menempati posisi keenam klasemen sementara MotoGP 2021 dengan poin 142. Posisinya bisa semakin menurun, karena punya angka yang sama dengan Brad Binder.

Marc Marquez

Kondisi itu membuat Marc Marquez juga diragukan bisa tampil pada uji coba pramusim selanjutnya, di Sirkuit Jerez. Akan tetapi, ia diperkirakan dapat tampil di uji coba pramusim di Sirkuit Mandalika.

Jika setelah tampil dan Marc Marquez gagal tampil kompetitif, akankah The Baby Alien terus berkiprah di ajang yang membesarkan namanya ini? Sebelumnya medio April 2020, Marc Marquez mengaku memilih pensiun dari ajang MotoGP jika tak lagi tampil kompetitif. Tampil kompetitif yang dimaksud di sini adalah bersaing di jalur juara.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race medio Juni 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini