Share

5 Momen Tak Terlupakan Valentino Rossi di MotoGP, Nomor 1 Bikin Haru

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 38 2496296 5-momen-tak-terlupakan-valentino-rossi-di-motogp-nomor-1-bikin-haru-VCAEEB5cMe.jpg Ini lima momen tidak terlupakan Valentino Rossi di MotoGP (Foto: Reuters)

LEGENDA hidup MotoGP, Valentino Rossi, akan mengakhiri kariernya pada akhir musim MotoGP 2021. The Doctor telah melalui banyak hal selama berkarier di MotoGP, termasuk tujuh kali menjadi juara dunia.

Beberapa momen dalam karier pembalap Italia berumur 42 tahun itu mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Berikut lima momen tidak terlupakan Rossi di MotoGP, melansir dari Topgear, Rabu (3/11/2021).

5. Gelar Juara MotoGP Pertama

Valentino Rossi (Foto: Topgear)

Rossi naik kelas ke MotoGP, yang saat itu disebut kelas 500cc, pada musim 2000 bersama Nastro Azzuro Honda. Rossi finis kedua pada tahun pertamanya di MotoGP.

Selang setahun, Rossi meraih gelar juara dunia MotoGP pertamanya pada 2001. Gelar juara itu makin spesial karena Rossi mengalahkan rivalnya yang juga berasal dari Italia, Max Biaggi. Setelah itu, Rossi meraih dua gelar juara lagi secara beruntun bersama Honda sebelum pindah ke Yamaha pada musim 2004.

4. Menang Pertama Kali bersama Yamaha

Valentino Rossi (Foto: Topgear)

Rossi menjadi pembalap pertama yang memenangkan balapan berturut-turut bersama dua tim berbeda. Setelah mengakhiri musim 2003 dengan kemenangan pada balapan terakhir dan gelar juara, Rossi kembali menjadi yang tercepat pada awal musim 2004.

Pada tahun debutnya sebagai pembalap Yamaha, Rossi langsung meraih kemenangan pada balapan pertama musim 2004. Saat itu, Rossi menang pada balapan seri Afrika Selatan yang berlangsung di Sirkuit Welkom.

3. Pertarungan dengan Jorge Lorenzo di Sirkuit Catalunya

Valentino Rossi vs Jorge Lorenzo (Foto: Topgear)

Rossi terlibat persaingan panas untuk menjadi juara MotoGP 2009 dengan rekan setimnya sendiri di Yamaha, yaitu Jorge Lorenzo. Persaingan mereka memanas, terutama saat mentas di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Rossi dan Lorenzo menampilkan kemampuan terbaik mereka sehingga memberikan pertunjukkan yang tidak terlupakan oleh pencinta MotoGP. Setelah bertarung sejak lap pertama, Rossi merebut kemenangan dari Lorenzo dengan menyalipnya di tikungan terakhir sebelum garis finis. Pada akhir musim, Rossi keluar sebagai juara.

2. Pensiun pada Akhir Musim MotoGP 2021

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Rossi membuat pengumuman penting, yang sebenarnya sudah diprediksi oleh banyak pihak, jelang balapan seri Styria 2021. Pembalap 42 tahun itu memutuskan pensiun pada akhir musim 2021.

Rossi pensiun usai terpuruk dalam beberapa musim terakhir ini. Dia meninggalkan MotoGP setelah mengukir banyak prestasi dan rekor yang mungkin sulit dipecahkan oleh para pembalap lain.

1. Penghormatan untuk Marco Simoncelli di Sirkuit Misano

Valentino Rossi (Foto: Topgear)

Musim 2011, MotoGP kehilangan salah satu pembalap terbaiknya, Marco Simoncelli, dalam balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Salah satu pembalap yang paling kehilangan Simoncelli adalah Rossi. Selain karena sama-sama berasal dari Italia, kedua pembalap itu memang menjalin hubungan baik.

Saat mentas di balapan kandangnya, di Sirkuit Misano, San Marino, Rossi mampu finis kedua. Dia pun merayakannya bersama para penggemarnya dengan meriah. Pada momen itu, Rossi sekaligus memberi penghormatan kepada Simoncelli yang merupakan putra asli San Marino.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini