Menpora Temui Maruf Amin Laporkan soal Sanksi WADA

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 43 2492871 menpora-temui-maruf-amin-laporkan-soal-sanksi-wada-NzKk66gpA4.jpg Kantor WADA di Montreal, Kanada. (Foto/Reuters)

JAKARTA – Menteri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menemui Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin, Rabu (27/10/2021). Pertemuan guna membahas sanksi yang diberikan Lembaga Anti Doping Dunia atau World Anti-Doping Agency (WADA) kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI).

Pemberian sanksi ini dilakukan karena LADI dinilai dapat memenuhi Test Doping Plan (TDP) tahun 2020 dan tahun 2021. Imbasnya, bendera Merah Putih tak boleh berkibar saat tim bulu tangkis putra Indonesia meraih Piala Thomas 2020.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Australia U-23, PSSI Pastikan Bendera Merah Putih Tetap Berkibar

“Berbicara terkait dengan yang kaitannya Organisasi Anti Doping Internasional. Disitu tadi juga dilaporkan oleh Pak Menpora, kan kita sebagaimana kita ketahui LADI sebagai organisasi yang mengurusi persoalan itu mendapat sanksi dari lembaga internasional dari WADA,” kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, Rabu (10/27/2021).

Foto/Sekretariat Wakil Presiden

Masduki mengatakan bahwa dalam pertemuan itu wapres meminta menpora agar fokus untuk menuntaskan segala aturan yang ditetapkan WADA. Dimana saat ini sedang dilaksanakan oleh Kemenpora.

Baca juga: Piala AFF Futsal 2021 Resmi Batal Usai Thailand Kena Sanksi dari WADA

“Bagaiamana caranya supaya mematuhi seluruh aturan dari WADA, dari organisasi internasional yang terkait dengan anti doping ini. Dan itu sekarang sudah dilakukan,” tuturnya.

Selain itu juga perlunya ada komunikasi yang baik agar sanksi ini dapat segera ditangani.

“Supaya jangan sampai ada sanksi tapi kita cara berkomunikasi tidak baik. Dan itulah yang salah satu menjadi fokus dari menpora mendesain ini supaya ini semua segera tertangani dan bisa selesai sehingga Indonesia sudah bisa normal lagi tidak terkena sanksi oleh WADA,” pungkasnya.

Foto/MPI

Sebelumnya, Menpora telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Seusai pertemuan, Jokowi menyerukan reformasi total LADI dan meminta Menpora segera menyelesaikan sanksi dari WADA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini