Mengenal FIBA, Induk Organisasi Bola Basket Internasional

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 36 2492003 mengenal-fiba-induk-organisasi-bola-basket-internasional-Vy2TO61193.jpg Mengenal induk organisasi bola basket internasional. (Foto: Istimewa)

INDUK organisasi bola basket internasional adalah FIBA. Agar bisa mengetahuinya lebih jauh, mari menilik artikel ini yang akan membahas soal FIBA.

Sebagaimana diketahui, basket sendiri menjadi olahraga favorit bagi masyarakat dunia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penonto yang memenuhi arena perlombaan setiap laga basket digelar.

BACA JUGA: Profil James Naismith, Pencipta Permainan Bola Basket yang Berasal dari AS

Karena itu, memahami lebih jauh soal serba-serbi dunia basket menjadi hal yang turut penting dilakukan. Kali ini, mari mengetahui bersama soal induk organisasi bola basket internasional, yakni FIBA.

BACA JUGA: Indonesia Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, LPDUK Siap Majukan Basket Tanah Air

Mengenal FIBA

FIBA merupakan singkatan dari Federation Internatioale de Basketball. Organisasi yang berdiri sejak 8 Juni 1932 ini pun mengatur beragam hal soal dunia basket internasional, mulai dari pertandingan, peraturan, hingga pemainnya.

Induk Organisasi Bola Basket Internasional

(Laga basket profesional)

FIBA pun kini sudah menaungi 213 federasi basket nasional yang berasal dari beragam negara di dunia. Ada lima zona yang ditetapkan FIBA dalam merancang kompetisi yang akan berkaitan dengan turnamen-turnamen besar lain, seperti Olimpiade.

Kelima zona itu adalah Afrika, Amerika (Utara dan Selatan), Asia, Eropa, serta Oseania. Pembagian zona ini dilakukan sejak 1989.

Sejarah FIBA

FIBA didirikan di Jenewa, Swiss, pada 1932. Hal ini terjadi tepat dua tahun setelah olahraga basket diakui secara resmi oleh IOC.

Induk Organisasi Bola Basket Internasional

Sebelum 1934, bola basket berada di bawah payung Federasi Bola Tangan Amatir Internasional yang juga disebut FIBA. Ada delapan federasi bola basket yang menjadi anggota pendiri FIBA, yakni Argentina, Republik Ceko, Yunani, Italia, Latvia, Portugal, Rumania, dan Swiss.

FIBA sudah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia yang kini dikenal sebagai Piala Dunia, untuk pria sejak 1950. Sementara untuk Kejuaraan Dunia Wanita yang sekarang dikenal sebagai Piala Dunia Wanita, itu baru digelar mulai 1953.

Dari 1986 hingga 2014, kedua acara itu diadakan setiap empat tahun sekali. Penyelenggaraannya bergantian dengan Olimpiade.

Untuk markas FIBA, ini mengalami beberapa perubahan. Pada 1956, markas besar FIBA dipindah ke Munich, Jerman. Pada 2002, markas federasi ini kemudian kembali ke Jenewa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini