Tim Investigasi Berangkat ke Eropa, Menpora Zainudin Amali Harap Kasus dengan WADA Segera Tuntas

Muhammad Refi Sandi, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 43 2489217 tim-investigasi-berangkat-ke-eropa-menpora-zainudin-amali-harap-kasus-dengan-wada-segera-tuntas-bByfEgDeAK.jpg Menpora Zainudin Amali ingin segera menyelesaikan masalah dengan WADA (Foto: Muhammad Refi Sandi/MPI)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah dengan Badan Anti Doping Dunia (WADA). Tim investigasi pun berangkat ke Eropa untuk melakukan komunikasi dengan WADA.

"Bagi saya yang penting adalah segera memulihkan itu banned dari WADA, dan investigasi jalan, kalau dia (Okto) pulang ya itu paralel yang paling utama segera mencabut banned-nya LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia)," kata Amali kepada wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (20/10/2021).

Menpora Zainudin Amali (Foto: MPI/Muhammad Refi Sandi)

Kemudian, Amali menyebut jika Test Doping Plan (TDP) 2022 telah disetujui WADA. Selain itu, tes doping PON XX di Papua 2021 pun sudah beres dan telah dikirim ke Qatar untuk dilakukan pengujian.

"Kemudian, 2022 perencanaan sudah dikirim, PON beres tinggal dikirim ke qatar mudah-mudahan begitu itu clear semua, WADA melihat yang diminta itu sudah terisi dan terakhir ada kuesioner yang harus diisi, dan kalo memang sudah diisi dan kepatuhan kita tunjukan bukan karena sengaja, jadi kita dianggap tidak comply," tuturnya.

BACA JUGA: Bergegas Selesaikan Kasus dengan WADA, Menpora Zainudin Amali: Tim Investigasi Sudah Berangkat ke Eropa

"Kita berbeda dengan Rusia. Kalo Rusia  dianggap pemerintah yang merestui doping, kita tidak itu aja," ungkap Amali.

Diberitakan sebelumnya, Amali mengatakan, tim investigasi sudah berangkat ke Eropa untuk menghadiri pertemuan dengan WADA.

“Ketua tim (investigasi) kita, pak Raja Sapta (Oktohari) sekaligus ketua NOC semalam sudah berangkat ke Eropa, memang ada kegiatan dengan pertemuan IOC jadi IOC memproses seluruh dunia jadi berkumpul di sana,” ujarnya.

Menpora Zainudin Amali (Foto: MPI/Muhammad Refi Sandi)

Amali menjelaskan pertemuan itu juga akan dihadiri oleh pihak WADA. Nantinya, tim investigasi akan menjelaskan mengenai apa yang Indonesia alami.

“Akan melakukan komunikasi-komunikasi, menjelaskan tentang apa yg kita alami dan apa upaya kita,” ucap Menpora.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini