Tak Lagi di Monas, Sejumlah Kawasan Bisa Jadi Alternatif untuk Gelar Balapan Formula E 2022

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Minggu 17 Oktober 2021 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 37 2487421 tak-lagi-di-monas-sejumlah-kawasan-bisa-jadi-alternatif-untuk-gelar-balapan-formula-e-2022-DLG6NLwbzW.jpg Kawasan Monas. (Foto: Okezone)

JAKARTA Formula E telah mengumumkan jadwal untuk musim 2022, kejutannya Jakarta resmi menjadi salah satu tuan rumah yang siap menggelar ajang balapan mobil listrik tersebut. Menarik tentunya melihat lokasi mana di Jakarta yang akan menjadi tempat balapan Formula E berlangsung.

Sebab seperti yang diketahui, sebelumnya kawasan Monas dipastikan batal untuk menjadi kawasan yang digunakan untuk menggelar ajang balap tersebut. Lalu, di mana tempat alternatifnya?

Sebelummnya, Monas menjadi pilihan utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta untuk dijadikan tempat terselenggaranya Jakarta E-Prix. Namun Pemerintah Pusat melarang hal tersebut lantaran Monas merupakan salah satu cagar budaya.

Baca Juga: Awal Mula Perjalanan Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Kawasan Monas

Beberapa tempat pun sempat bisa dijadikan sebagai alternatif Monas sebagai tempat diselenggarakannya Jakarta E-Prix. Sebut saja diantaranya di kawasan Kemayoran dan Gelora Bung Karno dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Namun ketiga temapt alternatif itu juga masih berada di bawah kendali pemerintah pusat. Oleh karena itu, proses perizinan pun dinilai tidak akan mudah untuk didapatkan dan berpotensi besar mendapat penolakan.

Akhirnya Pemprov Jakarta pun disebut mencari alternatif lainnya untuk menjadi tempat yang ideal untuk menyelenggarakan Jakarta E-Prix. Beberapa diantaranya adalah kawasan Ancol, Kota Tua, Kepulauan Seribu, Pulau Reklamasi, dan Jembatan Semanggi.

Meski begitu, kawasan alternatif tersebut hingga saat ini masih harus dianalisis lebih lanjut kelayakannya. Sehingga belum bisa dipastikan tempat pasti Jakarta E-Prix akan resmi digelar pada tahun depan.

Namun dengan resminya Jakarta menjadi tuan rumah ajang ABB FIA Formula E 2022 bisa berdampak cukup baik untuk Indonesia. Pasalnya, turnamen tersebut bisa menjadi ajang promosi wisata untuk Jakarta untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jadwal Formula E 2022

Formula E 2022 sendiri telah resmi direncanakan akan berlangsung sebanyak 16 putaran. Jakarta sendiri dijadwalkan akan menjadi seri ke sembilan yang akan dilangsungkan pada 4 Juni 2022 mendatang.

Tentunya Jakarta patut berbangga karena akan menggelar balapan mobil masa depan tersebut. Menarik tentunya menantikan bagaimana persiapan Jakarta dalam menyambut ajang balapan Formula E 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini