Share

5 Calon Kuat Juara Piala Thomas 2020, Nomor 1 Pemilik Trofi Terbanyak

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 40 2486755 5-calon-kuat-juara-piala-thomas-2020-nomor-1-pemilik-gelar-juara-terbanyak-MKGtMdt09Q.jpg Lima calon juara Piala Thomas 2020 (Foto: Reuters)

PIALA Thomas 2020 telah memasuki babak perempatfinal. Indonesia, Malaysia, Denmark, India, Thailand, China, Korea Selatan, dan Jepang adalah tim-tim yang akan saling sikut untuk memperebutkan tiket semifinal.

Meski baru memasuki perempatfinal, menarik untuk membahas tim mana yang akan menjuarai turnamen bergengsi ini. Berikut lima calon kuat juara Piala Thomas 2020.

5. Denmark

Viktor Axelsen (Foto: Reuters)

Denmark berkembang menjadi salah satu kekuatan bulu tangkis dunia dalam beberapa tahun terakhir ini. Medali emas nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 bahkan jatuh ke wakil negara Skandinavia itu, yakni Viktor Axelsen.

Sepanjang sejarah, Denmark baru sekali menjuarai Piala Thomas. Prestasi itu diukir pada 2016 ketika mengalahkan Indonesia di partai puncak.

Sekarang, Denmark membawa skuad terbaik mereka untuk tampil di PIala Thomas 2020. Selain ada Axelsen, Denmark juga memiliki Anders Antonsen, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Mathias Christiansen/Frederik Sogaard, dan Rasmus Gemke. Pada perempatfinal, Denmar mendapat lawan mudah, yaitu India.

4. Malaysia

Lee Zii Jia (Foto: Reuters)

Posisi keempat ditempati oleh tetangga Indonesia, Malaysia. Negeri Jiran merupakan salah satu calon juara Piala Thomas 2020 meski bermaterikan pebulu tangkis muda.

Salah satu pebulu tangkis muda Malaysia yang tengah menjadi sorotan adalah Lee Zii Jia di nomor tunggal putra. Sebab, pemuda kelahiran 1998 itu tampil cukup baik untuk Malaysia di Piala Thomas 2020. Dia bahkan sempat merepotkan tunggal putra peringkat satu dunia, Kento Momota, ketika Malaysia kalah 1-4 dari Jepang.

Selain Zii Jia, Malaysia masih memiliki andalan lain, yaitu Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Cheam June Wei, dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin untuk mendulang poin. Pada perempatfinal, Malaysia akan melawan Indonesia yang juga turun dengan kekuatan terbaiknya.

Malaysia akan berusaha menuntaskan Piala Thomas 2020 sebaik mungkin karena sudah lama tidak juara. Pemilik lima trofi Piala Thomas itu terakhir juara pada 1992 silam.

3. Jepang

Kento Momota (Foto: Reuters)

Jepang tentu masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak, Jepang punya kualitas cukup merata dalam skuadnya. Senjata utama Jepang adalah Kento Momota, tunggal putra nomor satu dunia saat ini.

Namun, Jepang tidak hanya memiliki Kento Momota. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Kanta Tsuneyama, Akira Koga/Yuta Watanabe, dan Kenta Nishimoto juga bisa menyumbangkan poin untuk Jepang. Pada perempatfinal, Jepang akan melawan tetangga mereka, Korea Selatan.

Korea Selatan bukan lawan mudah, tetapi Jepang lebih diunggulkan dalam partai ini. Kemenangan akan membawa Jepang selangkah makin dekat untuk meraih trofi Piala Thomas kedua mereka setelah 2014 silam.

2. China

Shi Yuqi (Foto: Badminton Photo)

Posisi kedua menjadi milik China. Negeri Tirai Bambu menjadi sorotan dalam turnamen ini. Sebab, regu campuran China baru saja menjuarai Piala Sudirman 2021 meski tidak diperkuat beberapa pebulu tangkis andalan mereka.

Dengan skuad muda, China kembali mengincar hasil maksimal di Piala Thomas 2020. Sekadar informasi, nama-nama besar China, seperti Chen Long, Li Junhui/Liu Yuchen, dan Feng Yanzhe, absen di Piala Thomas 2020.

Meski begitu, China masih diperkuat pebulu tangkis hebat, seperti Shi Yuqi, Li Shifeng, Lu Guang Zu, dan Wang Yilu/Liu Cheng. Dengan komposisi sekarang, China masih salah satu calon kuat juara Piala Thomas 2020. Mereka tengah mengincar trofi Piala Thomas ke-11.

1. Indonesia

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Foto: Badminton Photo)

Posisi pertama tentu ditempati oleh Indonesia yang membawa skuad terbaik mereka ke Piala Thomas 2020. Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito menjadi andalan di tunggal putra. Untuk ganda putra, Indonesia akan mengandalkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Selain mereka, ada nama-nama lain, seperti Chico Aura Dwi Wardoyo, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Indonesia memiliki skuad dengan kemampuan yang cukup merata. Harapan terbesar untuk meraih poin ada di sektor ganda putra dengan kebaradaan The Minions dan The Daddies.

Indonesia akan melakoni partai klasik di perempatfinal saat bersua Malaysia. Secara kekuatan, Indonesia seharusnya bisa memenangkan pertandingan itu.

Kemenangan akan mendekatkan Indonesia ke trofi Piala Thomas ke-14 mereka. Sekadar informasi, Indonesia merupakan negara tersukses di Piala Thomas dengan koleksi 13 trofi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini