Macam-Macam Permainan Bola Besar dan Manfaatnya

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 43 2485234 macam-macam-permainan-bola-besar-dan-manfaatnya-cN6Lgczffc.JPG Macam-macam permainan sepakbola. (Foto: Reuters)

MACAM-macam permainan bola besar wajib diketahui untuk Anda yang mencintai olahraga. Pasalnya ternyata ada banyak sekali jenis permainan bola besar yang tentunya bisa dimainkan oleh teman-teman.

Sesuai namanya, permainan bola besar merupakan olahraga yang menggunakan bola dengan ukuran yang amat besar. Pada umumnya permainan bola besar yang diketahui orang-orang adalah sepakbola, basket, dan voli.

Kendati begitu, sebenarnya ada banyak sekali olahraga yang masuk ke dalam kategori permainan bola besar. Penasaran? Okezone akan coba memberikan sejumlah contoh macam-macam permainan bola besar.

Berikut Macam-Macam Permainan Bola Besar:

1. Sepakbola

Sepakbola PON XX Papua 2021

Sepakbola adalah jenis permainan bola besar yang mungkin paling digemari di dunia. Permainan tersebut menggunakan bola dengan ukuran diameter rata-ratanya 68-71 cm.

Dalam bermain sepakbola, dibutuhkan lapangan yang besar dan tentunya 22 pemain yang terbagi menjadi dua tim. Tim yang paling banyak menjebol gawang lawan, maka tim tersebut yang menang.

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasannya

2. Bola Voli

Voli PON XX Papua 2021

Sama seperti sepakbola, voli juga permainan yang dilakukan dengan dua tim yang saling bertanding. Bedanya voli harus menggunakan net untuk membagi wilayah masing-masing.

Bola yang digunakan di pertandingan voli biasanya mencapai diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Untuk menentukan pemenangnya, tim harus mencapai poin 25 di satu babak dan biasanya berlangsung secara tiga sampai lima babak.

3. Bola Basket

Basket PON XX Papua 2021

Basket adalah permainan yang unik karena kedua tim harus memakai kedua tangan mereka untuk mengalirkan bola ke pemain lain hingga akhirnya memasukkan ke dalam ring lawan. Bola yang dipakai di permainan basket pun sangatlah besar bila dibandingkan permainan laiannya.

Setidaknya ukuran bola basket berdiameter 74-75 cm dengan berat mencapai 624 gram.

4. Futsal

Futsal PON XX Papua 2021

Futsal adalah versi mini dari sepakbola. Jika sepakbola membutuhkan lapangan yang besar dan 22 pemain yang berada di lapangan, maka futsal tak terlalu membutuhkan area bermain yang luas dan cukup dengan 10 pemain yang terbagi menjadi dua tim.

Bola yang dipakai futsal pun tidak terlalu besar seperti sepakbola pada umumnya. Diameter bola yang digunakan di futsal kira-kira 62-64 cm dan dengan berat 400-440 gram.

5. Rugbi

Rugbi adalah olahraga yang memiliki bentuk bola yang tidak bulat alias lonjong atau oval. Olahraga yang populer di Australia dan Selandia Baru itu memiliki tujuan mengantarkan bola sampai ke wilayah akhir lawan.

Standarnya bola rugbi memiliki panjang 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm, dan lingkar lebar 580-620 mm.

6. Sepak Takraw

Sepak Takraw PON XX Papua 2021

Sepak takraw adalah permainan bola besar yang seperti menggabungkan voli dan sepakbola. Pasalnya dalam permainan itu harus menggunakan kaki dan harus mencetak angka dengan memasukkan bola ke wilayah lawan.

Dikatakan mirip voli karena ada net dan peraturan tak boleh menyentuh wilayah sendiri agar bisa menang. Bola yang digunakan pun terbuat dari anyaman rotan karena berdasarkan namanya yang berarti sepak adalah menendang dalam bahasa Melayu serta takraw yang dari bahasa Thailand berarti bola rotan.

Untuk membuat bola sepak takraw, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti harus memiliki 12 lubang dan 9-11 anyaman serta memiliki lingkar 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk putri.

Manfaat Permainan Bola Besar

Olahraga jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk ketika memainkan permainan bola besar. Seperti yang dikutip dari Sehatq, ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan ketika bermain permainan bola besar.

Salah satu manfaat terbesarnya adalah mengasah teamwork. Rata-rata permainan bola besar dimainkan secara tim karena itulah kekompakan sangat dibutuhkan untuk mencapai kemenangan.

Olahraga

Dengan sering bermain permainan bola besar, maka Anda bisa mengasah kemampuan kerja sama tim Anda. Selain itu permaina bola besar juga dapat membuat tubuh Anda fit serta menurunkan berat badan Anda.

Seperti olahraga pada umumnya, permainan bola besar mewajibkan setiap pemain untuk bergerak. Dengan pergerakan itu maka kalori di dalam tubuh ikut terbakar.

Memainkan permainan bola besar juga bisa menguatkan tulang. Sebab dengan selalu bergerak kekuatan sendi, tulang, dan otot akan semaki baik hingga akhirnya bisa terhindar dari osteoporosis.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini