Indonesia Dikabarkan Tak Patuh Program Anti-Doping, 5 Ajang Besar Ini Terancam Gagal Diselenggarakan di Tanah Air

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 43 2483115 indonesia-dikabarkan-tak-patuh-program-anti-doping-5-ajang-besar-ini-terancam-gagal-diselenggarakan-di-tanah-air-9nTK6o3P8z.jpg Para pembalap MotoGP dijadwalkan berlaga di Sirkuit Mandalika pada musim depan. (Foto: MotoGP)

WACANA Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam beberapa ajang olahraga internasional dapat terancam gagal. Pasalnya, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia tidak patuh program Anti-Doping.

Indonesia bersama Thailand dan Korea Utara disebut tidak patuh menerapkan program pengujian yang efektif. Padahal, itu merupakan salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah kompetisi olahraga tingkat regional, benua, maupun dunia.

BACA JUGA: Indonesia Dinyatakan Tidak Patuh oleh Badan Anti-Doping Dunia, Tak Bisa Jadi Tuan Rumah Kompetisi Olahraga

Tentu saja, ini menjadi kerugian tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, harapan besar telah digaungkan sejak lama karena Indonesia sudah dipastikan jadi tuan rumah di beberapa cabang olahraga besar.

BACA JUGA: Akibat Tolak Tanding Lawan Atlet Israel di Olimpiade Tokyo 2020, Pejudo Aljazair Ini Diskors 10 Tahun

Lantas ajang-ajang apa saja yang sebelumnya sudah diagendakan Indonesia menjadi tuan rumah di kemudian hari? Berikut rangkumannya:

5. Piala Dunia U-20 2023

Ajang ini menjadi yang terbesar mampu menyedot perhatian masyarakat Indonesia, khususnya pencinta sepakbola. Bagaimana tidak, ajang lima tahunan ini baru pertama kali bakal digelar di Indonesia.

Piala Dunia U-20

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah ini setelah FIFA membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 karena pandemi Covid-19. Dengan ini pun, PSSI sudah mulai melakukan beberapa langkah persiapan, di antaranya kompetisi domestik Liga 1 sudah mulai bergulir.

4. MotoGP 2022

Kabar membanggakan baru-baru ini diterima para pencinta ajang balap motor dunia, MotoGP. Ya, Indonesia resmi masuk kalender MotoGP 2022.

Marc Marquez

Dalam kalender itu, Dorna (promotor MotoGP) menunjuk Sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah seri Indonesia. Balapan itu akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022.

3. Bulu Tangkis: Indonesia Open, Indonesia Masters, dan BWF World Tour Finals

Kegagalan tim bulu tangkis Indonesia di gelaran Piala Sudirman 2021 kemarin dapat terobati sementara. Pasalnya, beberapa ajang bergengsi lainnya di tahun ini akan digelar di Indonesia.

Para pebulu tangkis Indonesia. Foto: PBSI

Katakanlah seperti Indonesia Open, Indonesia Masters, dan BWF World Tour Finals 2021, siap diikuti oleh para pebulu tangkis Tanah Air. Apalagi, ketiga turnamen itu rencananya akan digelar pada November hingga Desember di Pulau Bali.

2. Formula E

Federasi Internasional Automobil (FIA) telah merilis daftar tuan rumah untuk penyelenggaraan Formula E 2022. Sebanyak 12 negara masuk daftar dan di antaranya ada Kota Jakarta, Indonesia.

Para pembalap Formula E

Meski masih bersifat sementara, tapi telah ditentukan bahwa Jakarta akan jadi tuan rumah pada 4 Juni 2022. Persiapannya pun sudah dikencangkan pihak pemerintah provinsi. Bahkan dikabarkan, penganggaran untuk kompetisi ini mencapai sekira setengah triliun rupiah.

1. Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023

Pada awal Juni 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengatakan Indonesia telah resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Beragam persiapan pun sudah mulai dikencangkan.

Ilustrasi basket

Bahkan, FIBA sendiri sudah melakukan drawing babak kualifikasi Piala Dunia ini dan akan memulai pertandingan pada November 2021. Tak bisa dibayangkan bila benar Indonesia gagal jadi tuan rumah, bagaimana kacaunya kalender federasi olahraga dunia tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini