Maju Jadi Calon Presiden Filipina, Manny Pacquiao Pensiun sebagai Petinju

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 43 2474536 maju-jadi-calon-presiden-filipina-manny-pacquiao-pensiun-sebagai-petinju-CIMi0fbdM5.jpg Manny Pacquiao berkarier sebagai petinju selama 26 tahun. (Foto/Reuters)

MANILA Manny Pacquiao mengumumkan akan maju sebagai calon presiden Filipina membuat dia mengambil keputusan berat. Tha Pacman menyatakan pensiun dari karier tinjunya pada Selasa (21/9/2021).

Dengan ini, Pacquiao telah mengakhiri karirnya di atas ring tinju setelah 26 tahun lamanya. Ia memulai karier profesionalnya pada 1995 silam.

Foto/Reuters

Semasa kariernya sebagai petinju, Pacquiao memiliki banyak penggemar karena memiliki catatan mentereng di setiap nomor. Pria berusia 42 tahun ini menutup karir dengan 62 kali kemenangan yang di antaranya 39 kali menang TKO, 8 remis, dan 2 kali kekalahan.

Baca juga: Bintang Tinju Manny Pacquiao Akan Calonkan Diri Sebagai Presiden

“Karier tinju saya sudah berakhir. Saya sudah lama bertinju, dan keluarga saya selalu memberi tahu saya bahwa sudah waktunya untuk berhenti. Saya adalah seorang anak yang penjual roti sebelumnya. Jika saya katakan saya akan menjadi juara dunia dan dikenal di seluruh dunia? Anda akan mengatakan itu sepertinya tidak mungkin, ” kata Pacquiao kepada @ToniGonline dikutip laman BoxingNews 24.

Baca juga: Mata Bengep Dihajar Yordenis Ugas, Manny Pacquiao Makan Disuapi Istri

Selama bertinju, Pacquiao sudah menorehkan banyak prestasi membanggakan. Salah satunya, ia menjadi satu dari segelintir petinju yang bertahan di peringkat elite dunia di usianya yang relatif senior.

Selain itu, Pacquiao telah berhasil meraih gelar juara tinju profesional di tujuh kelas berbeda. Mulai dari juara WBC kelas terbang 1998, IBF kelas bantam super 2001, WBC kelas bulu super 2008, WBC kelas ringan 2008, dan WBO kelas Welter 2009. Sisanya dari gelar Ring Magazine.

Sebagaimana diketahui, Pacquaio juga aktif berkecimpung di dunia politik Filipina. Sejauh ini, dia menjabat di Partai politik setempat hingga akhirnya berpotensi menjadi kandidat Presiden Filipina.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini