Pentingnya Posisi Badan pada Lari Jarak Pendek

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 20 September 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 43 2474186 pentingnya-posisi-badan-pada-lari-jarak-pendek-xx6hPpF1nh.jpg Posisi badan pada lari jarak pendek. Marcell Jacobs (kanan), peraih medali emas nomor lari 100 meter putra Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch)

POSISI badan pada lari jarak pendek memiliki peranan penting ketika melakukan olahraga tersebut. Jika berniat meningkatkan jarak lari dan waktu Anda, maka perlu mengetahui bagaimana posisi badan bergerak saat melakukan lari jarak pendek.

Menurut laman Fitday, setidaknya ada tiga faktor penting memposisikan badan saat berlari jarak pendek. Pertama faktor cara berdiri, cara melangkah, dan gerakan ke depan.

Bentuk posisi badan yang baik sangat penting bagi pelari yang ingin meningkatkan jarak, daya tahan, dan mempertahankan energi.

Berikut tiga posisi badan pada lari jarak pendek:

3. Pendirian

Momentum: Tubuh Anda harus memanfaatkan gerakan majunya. Jangan berdiri tegak. Saat Anda melompat ke depan, Anda disarankan untuk sedikit condong ke depan. Momentum Anda harus memandu posisi tubuh Anda.

Posisi Kaki: Salah satu bagian penting dari bentuk kaki adalah lutut. Disarankan agar lutut sedikit menekuk. Banyak tekanan berdampak pada lutut, jadi sedikit menekuk dapat mengatasi lompatan dengan lebih baik.

Posisi badan saat lari jarak pendek

2. Memulai Langkah

Mendarat: Seperti lutut, telapak kaki memiki peran penting, jadi di mana ia mendarat sangat penting. Tempat terbaik untuk mendaratkan kaki adalah tepat di bawah dan tidak di depan tubuh. Tepat di bawahnya akan membantu Anda mempertahankan langkah yang konsisten.

Turun pertama: Banyak pelari menyentuh jari kaki terlebih dahulu dan yang lainnya tumit kaki mereka. Cara terakhir untuk mendarat mungkin yang terbaik, dan itu datar. Cara ini akan menyelamatkan Anda dari stres.

Tambahan: Sepatu lari yang pas sangat penting untuk meningkatkan bentuk.

1. Melangkah

Kecepatan: Tujuannya adalah untuk membuat setiap langkah mudah dan tanpa usaha. Pertahankan tempo maju yang konsisten. Cobalah untuk meningkatkan langkah Anda untuk meningkatkan efisiensi dan jarak Anda.

Waktu: Kecepatan Anda akan berkurang semakin banyak waktu kaki Anda menginjak tanah. Ini bisa membuat Anda lelah lebih cepat. Cobalah untuk mengurangi waktu antara mengangkat kaki Anda ke langkah berikutnya.

Tendangan: Seperti sikap tubuh, tendangan Anda di akhir langkah harus memiliki beberapa tikungan. Kaki lurus memperlambat langkah dan langkah. Berusahalah untuk menendang tumit ke atas saat Anda melangkah ke depan.

Posisi badan saat lari jarak pendek

Gerakan Lengan: Ada gerakan lengan yang khas, dan itu adalah tangan Anda yang mengepal kecil dengan lengan yang dipompa ke depan dan ke belakang. Namun, untuk meningkatkan bentuk lari, pertanyaan yang harus diajukan adalah apakah penekanan harus diberikan pada gerakan maju atau mundur? Banyak pelari percaya penekanan pada mundur, karena akan mempertahankan langkah dan sikap yang tepat.

Ingatlah bentuk Anda saat bekerja untuk meningkatkan lari jarak pendek Anda. Temukan formula yang nyaman dan yang cocok untuk Anda. Jika Anda merasa formula lari Anda perlu ditingkatkan, terapkan kiat-kiat ini untuk Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini