Bincang dengan Atlet asal Jabar di Paralimpiade Tokyo 2020, Ridwan Kamil Bangga Campur Terharu

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Senin 06 September 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 43 2466980 bincang-dengan-atlet-asal-jabar-di-paralimpiade-tokyo-2020-ridwan-kamil-bangga-campur-terharu-hwd4IHydGb.jpg Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berbincang santai dengan para atlet Jawa Barat yang mentas di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto: Agung Bakti Sarasa/MPI)

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, berbincang santai via sambungan video call dengan para atlet Indonesia yang mentas di Paralimpiade Tokyo 2020. Perasaan bangga campur haru pun dirasakan Ridwan Kamil dalam bincang santainya dengan lima atlet yang berasal dari Jawa Barat tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indonesia mengirimkan 23 atlet ke ajang olahraga terbesar dunia khusus penyandang disabilitas tersebut. Lima atlet di antaranya pun berasal dari Jabar.

Bincang Santai Ridwan Kamil dengan atlet asal Jabar di Paralimpiade Tokyo 2020

Mereka adalah Hary Susanto, Dheva Anrymusti, dan Ukun Rukaendi yang berlaga di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis. Dua atlet lainnya adalah Muhammad Fadil dari cabor balap sepeda dan Jaenal Aripin yang berlaga di cabor atletik.

Dari kelima atlet asal Jabar tersebut, dua di antaranya berhasil menyumbang medali. Hary Susanto menyabet medali emas dan Dheva Anrymusti meraih medali perak.

BACA JUGA: CdM Indonesia Bahagia Kontingen Garuda Lampaui Semua Target di Paralimpiade Tokyo 2020

Ridwan Kamil pun berbincang langsung dengan para atlet tersebut usai gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 rampung digelar. Ajang tersebut resmi ditutup pada Minggu 5 September 2021 malam WIB.

Perbincangan itu dilakukan Ridwan Kamil dalam acara Bincang Santai Virtual Gubernur Jabar Bareng Atlet Paralympics Tokyo 2020, Senin (6/9/2021). Dalam kesempatan itu, sang gubernur mengaku diliputi perasaan haru dan bangga atas prestasi yang berhasil dicapai para atlet tersebut.

BACA JUGA: Dapat 2 Emas dan 1 Perak di Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila Belum Puas

Menurut Kang Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil, dengan keberhasilan tersebut, visi Jabar Juara Lahir Bathin yang diusungnya selama ini menjadi sangat terasa. Terlebih, kata Kang Emil, para atlet Olimpiade Tokyo 2020 asal Jabar juga berhasil menorehkan prestasi manis.

Ada dua medali perunggu yang diraih Anthony Sinisuka Ginting di cabor bulu tangkis dan Windy Cantika Aisyah di cabor angkat besi. Sehingga, kata Kang Emil, torehan prestasi atlet Paralimpiade menjadi pelengkap yang membuat bangga masyarakat dan Pemprov Jabar.

"Atas nama masyarakat yang bangga, pemerintah provinsi yang bangga juga, kami sangat terharu dan sangat bangga atas pencapaiannya," tutur Kang Emi.

Atas prestasi yang berhasil diraih atlet Paralimpiade asal Jabar tersebut, Kang Emil pun berjanji memberikan apresiasinya. Meski begitu, Kang Emil tidak menyebutkan dalam bentuk apa apresiasi tersebut bakal diberikan.

"Nanti akan kita berikan apresiasi-apresiasi. Akan kita berikan secara khusus di waktu yang baik," ucap Ridwan Kamil.

Hary Susanto mendapatkan medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020

Dalam perbincangan santainya, Kang Emil sempat menanyakan laga yang sudah mereka jalani. Tidak hanya itu, Kang Emil bahkan sempat menanyakan makanan yang selama ini dikonsumsi mereka di Jepang.

"Alhamdulillah, kemarin saya berjuang semaksimal mungkin, sampai jatuh. Susah ngomongnya, sebegitu beratnya untuk memperjuangkan bangsa dan negara," ungkap Hary Susanto.

"Kalau soal makanan aman Pak Gubernur, kita makan sarden," jawab Jaenal Arifin yang disambut tawa seluruh atlet, termasuk Kang Emil.

Kang Emil pun berpesan, agar seluruh atlet asal Jabar di Paralimpiade Tokyo 2020 ini tetap menjadi sosok yang inspiratif. Pasalnya, kata dia, sebaik-baik hidup adalah memberikan inspirasi dan manfaat bagi orang banyak.

"Allah memberikan kita keunikan, kita terima, manfaatkan, dan tunjukkan dengan semangat man jadda wa jadda," kata Kang Emil.

Secara total, Indonesia meraih sembilan medali di Paralimpiade Tokyo 2020. Medali itu terdiri dari dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini