Aksi Sangar Atlet Para Rugbi Selandia Baru, Awali Laga dengan Tarian Haka di Paralimpiade Tokyo 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 43 2462142 aksi-sangar-atlet-para-rugbi-selandia-baru-awali-laga-dengan-tarian-haka-di-paralimpiade-tokyo-2020-JF2a8rEYxl.JPG Aksi altet rugbi Selandia Baru menarikan tarian Haka di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto/Paralympic)

TOKYO – Atlet para rugby Selandia Baru tampil sangar sebelum melakoni laga di di Paralimpiade Tokyo 2020. Mereka menampilkan ciri khas dengan menari Haka.

Selandia Baru menghadapi Amerika Serikat di laga perdana cabang olahraga Rugby Kursi Roda pada 25 Agustus 2021 kemarin. Mereka tergabung dalam grup B dan memainkan pertandingan pertama di Yoyogi National Stadium.

Foto/Reuters

Tim Selandia baru yang memakai jersey abu-abu membentuk formasi lebih dulu beberapa menit sebelum wasit membuat tanda dimulainya pertandingan. Tidak hanya pemain inti yang akan bermain, tapi juga pemain cadangan turut membuat formasi.

Baca juga: Rahadewineta, Satu-satunya Wasit Perempuan Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Serentak seluruh pemain berteriak hingga menggelegar mengisi stadium yang tanpa penonton tersebut. Teriakannya tersebut menggunakan bahasa tradisional Selandia dan sesekali terdengar seperti nyanyian.

Baca juga: Hasil Para-Atletik Paralimpiade Tokyo 2020: Saptoyoga Purnomo Lolos ke Final, Berpotensi Raih Medali

Semua atlet dengan kursi rodanya masing-masing melakukan tarian yang penuh semangat. Dengan sesekali menghentak roda kursinya layaknya ingin berperang, mereka melanjutkan tarian yang disebut Haka.

Haka adalah tarian tradisional dari masyarakat Maori, Selandia Baru. Berdasarkan sejarah, tarian ini selalu ditampilkan oleh para tentara kerajaan ketika memasuki arena peperangan.

Tarian ini bertujuan untuk memompa semangat pasukan di kala itu. Namun, di era modern, tarian ini umumnya diperuntukkan pada beberapa event spesial seperti olahraga, pernikahan, atau untuk mengiringi kematian tokoh terhormat.

Tarian ini memiliki ciri khas unik yang ditonjolkan. Para penari patut menggerakkan seluruh lekukan wajah mereka, termasuk dengan melebarkan mata atau menjulurkan lidah.

Foto/Reuters

Selain untuk memompa semangat, tarian ini juga digadang-gadang mampu membuat mental lawan menjadi ciut. Hal itu juga tampaknya terlihat di wajah beberapa pemain Amerika Serikat yang menyaksikan tarian tersebut.

Tepat berderet di depan mereka, para pemain Amerika Serikat terlihat melamun menyaksikan tarian tersebut. Mereka pun tampak terpana dengan pertunjukkan tersebut.

Sampai akhirnya, laga dimulai dan berjalan secara ketat. Meski begitu, Selandia Baru tetap harus menelan kekalahan di laga perdananya tersebut dan menyerah dengan skor 35-65.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini