Untuk Olimpiade Paris 2024, Indonesia Bisa Andalkan Ganda Campuran Muda

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 40 2459839 untuk-olimpiade-paris-2024-indonesia-bisa-andalkan-ganda-campuran-muda-62A8MABmIG.jpg Indonesia bisa andalkan ganda campuran muda di Olimpiade Paris 2024 (Foto: PBSI)

JAKARTA - Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, menyatakan ada bakat-bakat muda yang bisa diandalkan untuk Olimpiade Paris 2024. Akan tetapi, Nova menegaskan, bahwa mereka harus bekerja keras jika mau lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sebagaimana diketahui, Indonesia gagal meraup medali dari sektor ganda campuran di Olimpiade Tokyo 2020. Langkah ganda campuran Indonesia, Praveenn Jordan/Melati Daeva Oktovianti, terhenti di perempatfinal.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Mereka kalah dari wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, dalam dua gim langsung 17-21 dan 15-21. Lantaran menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda campuran, kekalahan itu menandakan hilangnya kesempatan membawa medali dari nomor ini.

Atas hasil tersebut, Nova beserta jajaran pelatih melakukan evaluasi untuk ajang-ajang berikutnya, termasuk Olimpiade Paris 2024. Menurut Nova, ada kemungkinan pemain-pemain muda yang ambil bagian.

BACA JUGA: Kevin Sanjaya/Apriyani Rahayu Bakal Dipasangkan? Ini Respons Nova Widianto

Menurut Nova, pemain-pemain muda Indonesia memiliki kualitas dan teknik yang bagus. Akan tetapi, hal itu tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan keinginan dan kerja keras.

“Kalau potensi ganda campuran ke depan sebenarnya dari segi kualitas teknik kita gak masalah. Masih banyak pemain-pemain muda kita yang bagus-bagus asal mereka mau capek, mau kerja keras. Saya yakin ganda campuran masih bisa,” ucap Nova saat dihubungi tim MPI, Senin (23/8/2021).

Selain itu, Nova juga membocorkan beberapa proyek di nomor ganda campuran untuk Olimpiade Paris 2024. Terdapat empat pasangan sebagai prioritas utama, tetapi tidak menutup kemungkinan terselip pasangan muda.

Pertama adalah pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Sebagaimana diketahui, mereka telah menunjukkan potensinya saat menjuarai Spanyol Masters 2021 pada 23 Mei lalu.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Selanjutya, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Meski belum mendapat gelar pada tahun ini, mereka digadang-gadang menemukan sinergi yang bagus.

Ketiga adalah Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja yang diusahakan bisa tampil di Olimpiade Paris 2024 setelah gagal pada tahun ini. Mereka gagal menembus Olimpiade Tokyo 2020 karena tidak dapat berakhir di delapan besar babak kualifikasi. Terakhir, tentunya Indonesia masih berharap kepada Praveen/Melati.

“Iya mas pasti kita proyeksikan ke Rinov/Tari, Adnan/Mychelle dan sambil melihat performa praveen/Melati dan Hafiz/Gloria apakah mereka masih bisa ke Paris, dan gak menutup kemungkinan pasangan2 muda lainya,” jelas Nova.

Semua wakil Indonesia dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis diharapkan bersinar di Olimpiade Paris 2024. Di Olimpiade Tokyo 2020, cabor bulu tangkis menyumbangkan dua medali, yaitu emas (ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu) dan perunggu (Anthony Sinisuka Ginting).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini