Flandy Limpele Peraih Medali Olimpiade Athena 2004 yang Bersinar di India dan Malaysia, Begini Kondisinya Sekarang

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 40 2458281 flandy-limpele-peraih-medali-olimpiade-athena-2004-yang-berkarier-di-negeri-jiran-begini-kabar-terkininya-K2ahSMhMjy.jpg Flandy Limpele peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 (Foto: Reuters)

FLANDY Limpele adalah salah satu talenta bulu tangkis terbaik yang pernah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Setelah pensiun, Flandy Limpele terjun ke dunia kepelatihan dan sekarang melatih di Malaysia.

Semasa aktif sebagai atlet, Flandy Limpele terkenal dengan duetnya bersama Eng Hian di sektor ganda putra. Flandy Limpely/Eng Hian pun beberapa kali meraih prestasi bergengsi.

Flandy Limpele

Prestasi tertinggi Flandy Limpele adalah meraih medali perunggu di Olimpiade Athena 2004. Medali itu direngkuh Flandy Limpele/Eng Hian usai mengalahkan ganda putra Denmark, Jens Eriksen/Martin H. Lundgaard dengan skor 15-13 dan 15-7.

Selain di ganda putra, Flandy Limpele juga pernah turun di sektor ganda campuran. Berpasangan dengan Vita Marissa, Flandy Limpele mampu merebut medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2007.

Sebagaimana atlet lainnya, Flandy Limpele pun pensiun saat umur makin bertambah. Setelah gantung raket, Flandy Limpele tidak bisa jauh dari dunia tepok bulu.

BACA JUGA: Hebat! Ada 12 Pelatih Bulu Tangkis Indonesia Berkarier di Luar Negeri, Tersebar di 9 Negara

Flandy Limpele terjun ke dunia kepelatihan. Pria berumur 47 tahun itu pernah menukangi ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, pada 2019.

Flandy Limpele mengantarkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menjadi juara di Thailand Open 2019, runner-up di Prancis Open 2019, serta menjadikan pasangan tersebut berada di peringkat sepuluh dunia.

Namun, Flandy Limpele mundur mundur dari jabatannya sebagai pelatih ganda putra India karena alasan keluarga pada 2020. Setelah itu, Flandy Limpele pun hijrah ke Malaysia untuk melatih pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Meski belum lama melatih di Malaysia, tangan dingin Flandy Limpele langsung berbuah hasil manis. Dia bisa meningkatkan performa Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Flandy Limpele antara ganda putra Malaysiia raih perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

Saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020, penampilan Aaron Chia/Soh Wooi Yik cukup mencuri perhatian. Mereka bahkan mampu meraih medali perunggu usai mengalahkan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dengan skor 17-21, 21-17, dan 21-14.

Setelah meraih medali perunggu saat masih aktif bermain, Flandy Limpele juga mampu mengukir prestasi serupa sebagai pelatih. Meski begitu, banyak tugas menanti Flandy Limpele karena turnamen-turnamen lain menanti Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini