Share

Chris John Petinju Indonesia Bergelar Super Champions yang Pernah Kalahkan Marquez di Tenggarong, Begini Kondisinya Sekarang

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 43 2457106 chris-john-petinju-indonesia-bergelar-super-champions-yang-pernah-kalahkan-marquez-di-tenggarong-begini-kondisinya-sekarang-v6G9i8nYoy.jpg Chris John salah satu petinju terbaik yang dimiliki Indonesia. (Foto: Instagram/@chrisjohnindonesia)

CHRIS John merupakan salah satu petinju terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Bukti kehebatannya adalah gelar Super Champions yang dimiliki Chris John sewaktu aktif sebagai petinju profesional. Gelar Super Champions disandang Chris John karena sanggup mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu versi WBA sebanyak 10 kali!

Selain itu, Chris John juga pernah mengalahkan petinju asal Meksiko, Juan Manuel Marquez, di Tenggarong, Kalimantan Timur, pada 4 Maret 2006. Kemenangan itu terasa sensasional karena Marquez salah satu petinju terbaik di kelasnya dan tercatat pernah mengalahkan petinju papan atas seperti Manny Pacquiao (Filipina).

Chris John

(Chris John, salah satu petinju terhebat yang pernah dimiliki Indonesia)

Chris John memulai debut profesionalnya pada 1998 dan pensiun pada 2013. Sepanjang kariernya, Chris John menjalani 52 laga dengan catatan fantastis yaitu menang sebanyak 48 kali yang mana 22 di antaranya dengan hasil KO, tiga kali seri, dan hanya menelan kekalahan satu kali.

Seperti yang diutarakan di atas, salah satu kemenangan The Dragon -julukan Chris John– yang sulit dilupakan pencinta tinju Indonesia terjadi saat melawan mantan raja kelas bulu WBA dan IBF asal Meksiko, Juan Manuel Marquez. Meski berstatus mantan juara, tetapi Marquez masih dinyatakan sebagai petinju kelas bulu terkuat saat itu.

Pertandingan Chris John vs Marquez diselenggarakan pada 2006 di Tenggarong Kalimantan Timur, yang dipromotori oleh Muhammad Arsyad. Dalam pertandingan tersebut, Chris John menang angka mutlak selama 12 ronde.

BACA JUGA: 5 Atlet Indonesia Berdarah Tionghoa yang Mendunia, Nomor 1 Tampil di F1

Namun, kubu Marquez tidak menerima kekalahan tersebut dan menyatakan kalau kemenangan Chris John diuntungkan status tuan rumah. Kemenangan atas Marquez itu dinilai sebagai pencapaian terbesar The Dragon.

Marquez adalah lawan terberat Chris John. Tidak hanya karena kekuatan pukulan Marquez yang sangat terkenal, tetapi juga prestasi yang dimiliki olehnya.

Chris John

(Chris John, kini berstatus salah satu petinggi di KONI)

Petinju asal Meksiko itu juga digadang-gadang sebagai petinju nomor satu dunia di kelas bulu. Bahkan setelah menelan kekalahan tersebut, Marquez naik kelas dan menjadi juara di kelas ringan junior.

Terlepas dari segudang pengalaman dan prestasi yang diberikan untuk Indonesia, legenda tinju tersebut telah menggantung sarung tinju selama delapan tahun lamanya. Kini legenda tinju yang telah berumur 41 tahun itu menjabat sebagai wakil ketua umum IV bidang kerja sama luar negeri, media, dan humas KONI periode 2019-2023.

Chris John juga memiliki sebuah badan usaha yaitu PT. Chris John Indonesia yang bertujuan mencari bibit dan talenta tinju di Indonesia. Tentu harapannya ada petinju-petinju nasional lainnya yang unjuk gigi di ajang internasional seperti Chris John.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini