Tak Ikut-ikutan Marc Marquez, Brad Binder Juara MotoGP Austria 2021

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 38 2456724 tak-ikut-ikutan-marc-marquez-brad-binder-juara-motogp-austria-2021-NB9df94Zi9.jpg Brad Binder juara MotoGP Austria 2021. (Foto: MotoGP.com)

SPIELBERG – Brad Binder (Red Bull KTM) tidak mengikuti jejak Marc Marquez (Repsol Honda) yang mengganti motor di pengujung race MotoGP Austria 2021 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 15 Agustus 2021 malam WIB. Hasilnya pun positif, pembalap asal Afrika Selatan itu keluar sebagai pemenang MotoGP Austria 2021, unggul hampir 10 detik dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di tempat kedua.

Sebenarmya sebelum mengganti motor atau tepatnya di lap 24 dari 28, Marc Marquez tengah memimpin lomba. Ia bersaing melawan Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia yang juga tampil tak kalah garang.

Brad Binder

(Brad Binder juara MotoGP 2021)

Namun, The Baby Alien kehilangan posisi terdepan ketika memutuskan masuk pit untuk ganti motor di akhir lap 25. Ketika Marc Marquez dan lima pembalap lainnya masuk pit, Brad Binder memutuskan tetap melaju di lintasan. Alhasil, pembalap Tim Red Bull KTM itu bisa melesat sendirian di depan. Ia cukup diuntungkan lantaran tidak semua bagian sirkuit diguyur hujan.

Meski begitu, Brad Binder sempat kepayahan pada dua lap terakhir. Pembalap berusia 25 tahun itu melebar di tikungan pertama pada putaran 27. Lajunya semakin pelan memasuki sektor tiga. Sebab, lintasan basah di sektor tiga (tikungan 8-10). Sementara itu, di sektor satu dan dua relatif kering.

Akan tetapi, Brad Binder tetap mampu mengendalikan motornya dengan baik. Jarak yang cukup jauh dengan pembalap-pembalap di belakangnya cukup menguntungkan. Pujian pun dilontarkan oleh Marc Marquez yang harus puas finis di urutan 15.

BACA JUGA: Jadi Pemenang MotoGP Austria 2021, Brad Binder Malah Disebut Gila

“Menurut saya, itu (masuk dan ganti motor) adalah pilihan paling aman. Saya juga berusaha untuk memimpin lomba karena normalnya, ketika pembalap paling depan masuk pit, yang lain mengikuti,” urai Marquez, dilansir dari Crash, Selasa (17/8/2021).

“Hanya Brad yang tetap tidak masuk pit. Selamat untuknya karena sulit untuk mempertahankan level itu, dan mengakhiri lomba dengan ban kering di kondisi basah,” puji pembalap berusia 28 tahun tersebut.

Marc Marquez

(Marc Marquez hanya finis ke-15 di MotoGP Austria 2021)

Marc Marquez sendiri seharusnya bisa mengejar Brad Binder dengan menggunakan ban basah. Hal itu terbukti dari Bagnaia dan Jorge Martin yang bisa naik podium sekalipun sempat terseok ke urutan tujuh dan delapan usai ganti motor.

Sayangnya, Marc Marquez terjatuh di tikungan satu pada putaran 27. Ia pun gagal menorehkan hasil maksimal dan harus puas membawa pulang satu angka dari Austria.

Berkat kemenangan tersebut, Brad Binder naik ke urutan enam klasemen sementara MotoGP 2021 dengan 98 angka. Sementara Marc Marquez tertahan di posisi 11 dengan 59 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini