Share

Valentino Rossi Ungkap Alasan Tak Ganti Motor saat MotoGP Austria 2021 Diguyur Hujan

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 38 2456098 valentino-rossi-ungkap-alasan-tak-ganti-motor-saat-motogp-austria-2021-diguyur-hujan-kdNI8efcVK.jpg Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Balapan MotoGP Austria 2021 berlangsung penuh drama lantaran lintasan yang diguyur hujan ketika race menyisakan enam lap lagi pada Minggu 15 Agustus 2021. Sirkuit Red Bull Ring yang basah itu pun nyatanya justru menguntungkan Valentino Rossi hingga akhirnya ia dapat finis di posisi kedelapan.

Finis di peringkat kedelapan menjadi pencapaian terbaik rider Petronas Yamaha SRT itu di MotoGP 2021. Namun, Valentino Rossi sebenarnya bisa saja mengakhiri seri ke-11 MotoGP 2021 itu di posisi yang lebih baik lagi, yakni di peringkat ketiga.

Pasalnya, ketika balapan tinggal menyisakan dua lap, Rossi sebenarnya sempat berada di posisi ketiga. Rossi bisa di posisi ketiga itu berkat sejumlah pembalap rombongan terdepan mengganti motornya untuk menghadapi lintasan yang licin.

Baca Juga: MotoGP Austria 2021, Luca Marini Hampir Naik Podium Bareng sang Kakak Valentino Rossi

Momen Valentino Rossi berada di urutan ketiga pada balapan MotoGP Austria 2021

Valentino Rossi sendiri tentu diperbolehkan mengganti motornya juga mengingat bendera putih atau white flag sudah berkibar. Namun, The Doctor dan beberapa rider seperti Brad Binder (KTM Red Bull) serta Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) memilih untuk tetap bertahan di dua lap terakhir itu.

Lantas apa yang membuat Valentino Rossi pada akhirnya memilih untuk tak mengganti motornya ketika balapan MotoGP Austria 2021 itu diguyur hujan? Ternyata pada saat momen tersebut terjadi Rossi merasa bertahan adalah opsi terbaik.

Valentino Rossi sempat berpikir untuk mengganti motornya, namun ia merasa akan kehilangan satu menit yang amat penting hanya demi masuk ke pit. Karena itulah ia mencoba bertahan di tengah hujan yang membasahi Sirkuit Red Bull Ring tersebut.

Valentino Rossi mencoba tak mengikuti lima pembalap rombongan depan, yang berisikan Marc Marquez (Repsol Honda), Franceso Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Ducati), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), dan Joan Mir (Suzuki Ecstar), yang memilih berganti motor.

Berkat keputusannya itu, Valentino Rossi pun bisa sementara waktu berada di peringkat ketiga dan finis di posisi kedelapan. Walau gagal meraih podium ke-200 di kelas utama MotoGP, Rossi tetap senang karena di balapan tersebut ia mampu kompetitif.

Valentino Rossi

“Masih ada lima atau enam lap tersisa, jika saya berhenti di pit untuk mengganti motor, saya akan kehilangan satu menit. Lalu saya berkata pada diri sendiri: 'Saya akan mencoba', dan itu adalah pilihan yang tepat,” jelas Rossi, dikutip dari Tuttomotoriweb, Senin (16/8/2021).

“Saya sempat kehilangan (momen), karena di dua lap terakhir hujan mulai turun sangat deras. Kalau tidak, sampai saat itu hanya ada satu atau dua tikungan di mana Anda harus berhati-hati, tetapi itu baik-baik saja dengan ban kering. Saya pun hampir bisa finis di podium,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini