7 Trik Dasar BMX bagi Pemula

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 43 2454201 7-trik-dasar-bmx-bagi-pemula-D0TH9KV1rc.jpg Ada 7 trik dasar BMX bagi pemula. (Foto: REUTERS)

7 trik dasar BMX penting dipahami sebelum melakoni olahraga ini lebih dalam lagi. Sebab, dengan memahami teknik dasar, permainan sepeda BMX bisa menjadi lebih seru dan mengasyikkan.

Sepeda BMX sendiri agak berbeda dengan sepeda pada umumnya. Sepeda BMX adalah sepeda yang digunakan untuk perlombaan kecepatan dan akrobatik. BMX sendiri merupakan singkatan dari bicycle motocross.

BACA JUGA: Bangga! Sepeda Buatan Indonesia Dipakai Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Pada awalnya, sepeda BMX ditujukan untuk balapan. Namun sekarang, istilah sepeda BMX juga berlaku untuk yang digunakan di taman, jalan, gaya bebas, dan cabang lain dari BMX.

BACA JUGA: 5 Teknik Sepeda Cepat dan Penjelasannya

Untuk bisa mengendari sepeda jenis ini dengan lebih baik, penting memahami trik BMX. Setidaknya ada tujuh trik dasar. Apa saja? Berikut 7 trik dasar BMX bagi pemula.

7. Wheelie

Salah satu trik yang penting untuk dipahami adalah wheelie. Trik ini paling dasar dalam mengendarai BMX freestyle. Dari wheelie, pengendara sepeda BMX bisa mengangkat stang sepeda dengan tetap berjalan pada satu roda.

7 trik dasar BMX

(Perlombaan BMX di Olimpiade Tokyo 2020)

Untuk bisa melakukannya, seorang pengendara perlu meletakkan kedua kakinya ke pijakan belakang (back peg). Setelah itu, dia bisa mulai mengangkat stang di sepeda sehingga bisa tetap bergerak dengan hanya menggunakan roda bagian belakang.

6. Manual

7 trik dasar BMX

(Para pesepeda BMX sedang beraksi)

Berikutnya, ada trik maual. Trik ini dilakukan dengan mengangkat sedikit ban depan dan tetap menggerakkannya menggunakan pedal. Dibutuhkan keseimbangan yang baik untuk melakukan trik ini.

5. Nose Manual

Selanjutnya, ada nama trik nose manual. Bedanya trik ini dengan sebelumnya adalah nose manual mengangkat ban belakang sepeda, bukan bagian depan.

4. Endo

Di urutan keempat, ada trik bernama endo. Untuk menerapkan trik yang satu ini, pengemudi sepeda BMX harus lebih berhati-hati karena ada risiko besar. Jadi, agar lebih aman, pengemudinya bisa menggunakan helm atau perangkat keamanan lain.

7 trik dasar BMX

(Perlombaan BMX di Olimpiade Tokyo 2020)

Jadi, trik endo sendiri bertujuan untuk mengangkat roda belakang hingga posisi sepeda sedikit tegak. Untuk melakukannya, pengemudi bisa menggenggam rem depan lalu menggerakkan tubuh agar condong ke depan sehingga ban belakang sepeda terangkat. Hal ini harus dilakukan kala sepeda bergerak dalam kecepatan cukup tinggi.

3. Dork Wheelie

Lalu, ada trik bernama dork wheelie. Trik ini hampir sama dengan wheelie. Bedanya terletak pada cara melakukannya. Jadi di dork wheelie, pengendara harus meletakkan salah satu kaki di belakang untuk mengendalikan keseimbangan.

2. Pogos

7 trik dasar BMX

(Para pesepeda BMX sedang beraksi)

Di urutan kedua, ada trik bernama pogos. Trik ini berfungsi untuk membuat sepeda melompat dengan lompatan kecil. Untuk melakukannya, pengendara bisa menekan rem roda belakang, kemudian menempatkan kaki di peg belakang. Lalu, angkatlah stang dan melompat dengan sepeda.

1. Bunny Hop

Terakhir, ada trik bernama bunny hop. Jika pogos memuat pengendaranya melompat kecil, trik yang satu ini bisa amembat sepeda melompat tinggi. Tentunya, diperlukan latihan rutin untuk bisa melakukannya.

Hal ini diperlukan karena pengendara harus bisa mengoordinasikan kaki dan tangan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melompat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini