Update Ranking BWF: Peringkat Greysia Polii/Apriyani Rahayu Tak Berubah Usai Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 40 2451290 update-ranking-bwf-peringkat-greysia-polii-apriyani-rahayu-tak-berubah-usai-raih-emas-di-olimpiade-tokyo-2020-GjgBUotzrM.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu rebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) kembali merilis daftar ranking dunia pada 3 Agustus 2021 usai gelaran Olimpiade Tokyo 2020 rampung. Hasilnya, sejumlah pemain top tak mengalami perubahan peringkat, termasuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Pasangan ganda putri Indonesia ini masih menempati posisi keenam di daftar ranking BWF terbaru. Tetapi, lawan Greysia/Apriyani di final Olimpiade Tokyo 2020, yakni Chen Qingchen/Jia Yifan (China) naik satu peringkat.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Chen/Jia kini menempati posisi kedua di ranking BWF 2021. Mereka menggeser posisi pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nakagahara. Sementara itu, posisi pertama di sektor ganda putri masih ditempati oleh Sayaka Hirota/Yuki Fukushima (Jepang).

Beralih ke sektor tunggal putra, wakil Indonesia, Anthony Ginting, yang berhasil menyabet medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 juga tak mengalami perubahan secara posisi di ranking BWF terbaru. Anthony Ginting masih menempati posisi kelima saat ini.

BACA JUGA: Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Bikin Malu Malaysia hingga Thailand

Begitu juga dengan wakil lain Indonesia di sektor tunggal putra yang tampil pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Jonatan Christie, dia juga masih terjaga di urutan ketujuh. Pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 sendiri, Jonatan diketahui hanya bisa melangkahkan kaki di babak 16 besar.

BACA JUGA: Nasib Sial Ganda Putri China: Dikalahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu hingga Dilaporkan ke BWF

Posisi pertama di ranking BWF pada sektor tunggal putra sendiri masih ditempati oleh Kento Momota (Jepang). Kemudian, ada dua wakil Denmark yang mengekor, yakni Viktor Axelsen di tempat kedua dan Anders Antonsen di posisi ketiga.

Tetapi, di sektor tunggal putri, wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, berhasil memperbaiki posisinya di ranking BWF. Dia naik dua peringkat ke urutan 21 usai tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Di ajang tersebut, Gregoria sendiri diketahui tersingkir di babak 16 besar.

Sayangnya, perubahan tak terjadi di posisi puncak ranking BWF. Tai Tzu Ying yang berhasil merebut medali perak masih mengisi posisi pertama. Posisi kedua diisi oleh Chen Yufei (China) yang berhasil menyabet medali emas.

Pada sektor ganda putra, dua wakil Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, juga tak mengalami perubahan posisi. Marcus/Kevin kini masih menjadi nomor satu dunia, sementara Ahsan/Hendra mengisi posisi kedua.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Perubahan terjadi di posisi ketiga, di mana Li Jun Hui/Liu Yuchen terdepak dari posisi ketiga. Posisinya digeser oleh Lee Yang/Wang Chi-lin (Taiwan) yang berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Terakhir, di sektor ganda campuran, posisi wakil Indoensia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, juga tak beranjak dari urutan keempat pada ranking BWF. Mereka total mengemas 87.150 poin saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini