Petronas Yamaha SRT Tunjuk Cal Crutchlow Gantikan Franco Morbidelli di MotoGP 2021

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 38 2447444 petronas-yamaha-srt-tunjuk-cal-crutchlow-gantikan-franco-morbidelli-di-motogp-2021-GZClM11exh.jpg Cal Crutchlow siap bela Yamaha di tiga race MotoGP 2021 ke depan. (Foto: Instagram/@calcrutchlow)

KUALA LUMPUR - Tim Petronas Yamaha SRT resmi menunjuk Cal Crutchlow sebagai pengganti Franco Morbidelli yang cedera, untuk melakoni tiga balapan ke depan MotoGP 2021. Ketiga balapan tersebut terdiri dari dua seri di Sirkuit Red Bull Ring, Austria dan di Silverstone, Inggris.

Melalui laman resmi, Rabu (28/7/2021) Tim Petronas Yamaha SRT mengonfirmasi pembalap penguji Yamaha yakni Cal Crutclow sebagai pengganti sementara Morbidelli. Saat ini, pembalap asal Italia tersebut sedang menjalani pemulihan operasi lutut kiri.

Franco Morbidelli

(Franco Morbidelli (kiri) sedang pemulihan cedera)

Tentu saja ini bukan hal asing lagi bagi Crutchlow untuk kembali ke balapan MotoGP bersama Yamaha. Sebab, Crutchlow sendiri pernah melakoni balapan dengan YZR-M1 selama tiga musim sejak 2011.

Bos Petronas Yamaha yakni Razlan Razali membeberkan alasan memilih Crutchlow sebagai pengganti Morbidelli. Ia mengatakan ini adalah opsi terbaik untuk membawa pembalap asal Inggris itu mentas di balapan MotoGP.

"Setelah melihat semua opsi, itu adalah keputusan kolektif antara Yamaha dan kami sendiri untuk meminta Cal Crutchlow menggantikan Franco (Morbidelli) yang sedang memulihkan diri dari operasi," ucap Razali, mengutip dari laman resmi Petronas Yamaha, Rabu (28/7/2021).

BACA JUGA: Kabar Baik, 23 Ribu Penonton Boleh Nonton Langsung MotoGP San Marino 2021

Sementara itu, Crutchlow mengaku senang bisa mendapat kepercayaan kembali ke balapan MotoGP bersama Yamaha. Ia menyambut antusias untuk menjalani balapan, terutama pada balapan kandangnya di Inggris.

“Senang bisa kembali membalap dengan Yamaha tahun ini sebagai pembalap penguji resmi dan bisa turun tangan saat dibutuhkan oleh semua pihak," ucap Crutchlow.

Cal Crutchlow

(Cal Crutchlow saat jadi pembalap penguji Yamaha)

"Saya tak sabar membalap untuk Petronas Yamaha SRT di tiga Grand Prix. Jelas itu bagus walau tidak dalam keadaan terbaik," lanjut pembalap berusia 35 tahun tersebut.

"Saya berharap Franco menjalani pemulihan yang baik, saya harap dia kembali dengan kuat setelah operasi lutut. Saya yakin dia akan melakukannya karena dia telah membalap dengan fantastis selama dua tahun terakhir," imbuhnya.

Pada seri balapan sebelumnya, Morbidelli digantikan oleh pembalap berusia 25 tahun, Garret Gerloff. Pembalap asal Amerika Serikat itu menggantikan Morbidelli di MotoGP Belanda 2021 dan hanya finis di posisi 17 pada balapan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini