Selain Mick Doohan, Rafael Nadal Juga Inspirasi Kebangkitan Marc Marquez

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 38 2433691 selain-mick-doohan-rafael-nadal-juga-inspirasi-kebangkitan-marc-marquez-Z6sCDRbPpU.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

CERVERA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dalam masa tersulit dalam karier balapnya sejak lengan kanannya patah pada musim lalu. Agar bisa bangkit, The Baby Alien -julukan Marquez- menjadikan pengalaman atlet lain sebagai inspirasi.

Legenda MotoGP, Mick Doohan, adalah salah satu sosok yang menjadi inspirasi Marquez. Sebab, Doohan pun pernah berada di posisi yang sama dengan Marquez sekarang.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Marquez bahkan menelepon Doohan untuk berbagi cerita dengan pria Australia itu. Perbincangan singkat dengan Doohan menaikkan mental Marquez yang terpuruk di MotoGP 2021.

Mental Marquez berada di titik terendah karena rentetan hasil buruk sejak kembali balapan. Dari balapan seri Portugal hingga Catalunya, Marquez hanya dua kali menyentuh garis finis dan tiga sisanya berakhir dengan kecelakaan.

Namun, rentetan hasil buruk Marquez terhenti dalam balapan MotoGP Jerman 2021. Tampil di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021, Marquez mendominasi balapan hingga meraih kemenangan pertamanya pada musim ini.

BACA JUGA: Dominan di MotoGP 2021, Pernat Ogah Samakan Quartararo seperti Marc Marquez di Masa Lalu

“Proses rehabilitasi sangat panjang, dan saya masih memiliki banyak kesulitan dengan lengan kanan saya. Tentu saja, saya mencoba mencari motivasi dan referensi. Salah satu orang yang saya ajak bicara dan mengerti situasinya adalah Mick Doohan karena cedera besarnya tahun 1992. Ketika dia kembali pada tahun 1993, Dia harus banyak berjuang,” kata Marquez, dikutip dari Motosan, Kamis (1/7/2021).

“Saya meneleponnya untuk mencoba mendengarkan dan memahami masalahnya dan belajar tentang pengalamannya. Itu sangat membantu saya,” ujarnya.

Selain Doohan, Marquez ternyata juga terinspirasi dari karier petenis hebat Spanyol, Rafael Nadal. Petenis nomor tiga dunia itu pernah mengalami cedera parah pada lututnya, tetapi tetap bisa kompetitif hingga sekarang. Marquez mencoba belajar dari pengalaman-pengalaman inspiratif itu untuk kembali kompetitif.

“Atlet lainnya adalah Rafael Nadal. Sebagai bagian dari kariernya, orang mengira dia mungkin pensiun karena lututnya tidak terlalu bagus,” ucap Marquez.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Pada akhirnya dia kembali dan menang lagi. Anda mengambil referensi yang bagus dan mencoba menyalinnya,” tuturnya.

Sekadar informasi, setelah menang di Sirkuit Sachsenring, Marquez meraih hasil cukup bagus dalam balapan MotoGP Belanda 2021. Dia finis ketujuh di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 27 Juni 2021.

Sekarang, Marquez tengah menikmati libur musim panas 2021. Setelah itu, Marquez telah ditunggu MotoGP Styria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 8 Agustus mendatang. Dia diharapkan kembali menuai hasil positif di Sirkuit Red Bull Ring.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini