Share

Tanpa Marc Marquez, Honda Hancur di MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 38 2433224 tanpa-marc-marquez-honda-hancur-di-motogp-ggor8eh3tE.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

GENOVA โ€“ Pengamat kondang MotoGP, Carlo Pernat, tidak suka jika sebuah tim hanya mengembangkan motor untuk satu motor saja. Dia berkaca dari apa yang terjadi pada Honda Racing Corporation (HRC) saat Marc Marquez (Repsol Honda) cedera panjang.

Sebagaimana diketahui, Marquez mengalami kecelakaan parah dalam balapan MotoGP Spanyol 2020. Lengan kanan Marquez patah dalam kecelakaan itu sehingga tiga kali masuk ruang operasi.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Marquez pun absen selama kurang-lebih sembilan bulan untuk memulihkan diri. Saat Marquez absen, Honda tidak bisa berbicara banyak dalam kejuaraan karena ketiga pembalap Honda lainnya gagal tampil impresif.

Honda tampak sangat bergantung kepada Marquez yang merupakan pembalap terhebat dalam beberapa musim terakhir ini. Sekadar informasi, Marquez telah meraih enam gelar juara MotoGP sejak debut pada musim 2013 silam.

BACA JUGA: Belum Sehebat Marc Marquez, tapi Fabio Quartararo Terkuat di MotoGP 2021

Saat kembali balapan di MotoGP 2021, mulai dari seri Portugal hingga Belanda, Marquez belum kembali ke performa terbaiknya. Pembalap Spanyol itu bahkan terjatuh dalam tiga seri balapan beruntun sebelum memenangkan balapan MototGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021.

Hasil apik kembali diraih Marquez dalam balapan MotoGP Belanda 2021. Dalam balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu 27 Juni 2021, Marquez finis ketujuh meski memulai dari posisi ke-20.

Marquez memang luar biasa, tetapi mengembangkan motor hanya untuk satu pembalap bagai pisau bermata dua, menurut Pernat. Pria Italia itu melihat Yamaha melakukan hal serupa dengan mengembangkan motor hanya untuk satu pembalap, yaitu Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

โ€œTanpa dia (Marquez), Honda lainnya menderita. Kebijakan Honda memiliki dampak yang menghancurkan,โ€ kata Pernat, dikutip dari Motosan, Rabu (30/6/2021).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

โ€œHal yang sama terjadi sekarang dengan Quartararo dan Yamaha atau dengan Stoner Ducati di zamannya. Sejarah berulang, ketika Anda memiliki seorang juara, Anda mengembangkan motor hanya untuknya,โ€ tuturnya.

Kejuaraan memasuki jeda musim panas sehingga para pembalap punya waktu sebulan untuk beristirahat. Setelah itu, balapan MotoGP Styria 2021 akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 8 Agustus 2021. Para pembalap akan kembali bersaing untuk mendapatkan hasil terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini