5 Manfaat Baseball untuk Anak-Anak

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 43 2432528 5-manfaat-baseball-untuk-anak-anak-sf4f9yRmyr.jpg Atlet baseball memukul bola (Foto: Reuters)

MANFAAT baseball untuk anak-anak bisa Anda ketahui di artikel ini. Sebagaimana diketahui, baseball adalah bola kecil beregu yang memiliki banyak manfaat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Manfaat utama baseball adalah membuat tubuh bugar dan sehat sama seperti olahraga lainnya. Akan tetapi, olahraga ini juga memiliki manfaat lain tentunya. Berikut lima manfaat baseball untuk anak-anak.

5. Cepat Mengambil Keputusan

Manfaat baseball untuk anak-anak

(Atlet baseball bersiap berlari Foto: Reuters)

Anak-anak bisa berlatih untuk mempertajam pikiran mereka dalam mengambil keputusan dengan cepat dengan olahraga ini. Dalam olahraga ini, anak-anak akan belajar untuk memilih antara diam di tempat atau harus berlari menuju base.

BACA JUGA: Sederet Peraturan dalam Permainan Baseball

Jika bisa mengambil keputusan dengan tepat, anak-anak bisa membantu timnya untuk memenangkan pertandingan. Bagi pemula, mengambil keputusan dengan cepat dalam baseball tidaklah mudah. Anak-anak akan terbiasa untuk melakukan itu seiring bertambahnya intensitas latihan dan pengalaman dalam pertandingan.

4. Menjadi Disiplin

Manfaat baseball untuk anak-anak

(Atlet baseball menangkap bola Foto: Reuters)

Kedisiplinan adalah aspek yang ada dalam setiap olahraga, termasuk baseball. Setiap pelatih baseball akan menuntut para pemain asuhannya untuk menjaga kedisiplinan, baik di dalam maupun luar lapangan, agar bisa berprestasi.

Saat anak-anak sudah terbiasa disiplin dalam olahraga, mereka diharapkan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Hal itu bagus untuk proses kedewasaan Anak-anak Anda.

3. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Manfaat baseball untuk anak-anak

(Sebuah tim baseball bersiap untuk bertanding Foto: Reuters)

Sebagaimana diketahui, baseball adalah salah satu olahraga bola kecil beregu. Sesuai penjelasannya, baseball tidak bisa dimainkan seorang diri sehingga anak-anak harus bekerja sama untuk meraih kemenangan. Setiap anak akan dituntut untuk menjalin hubungan baik dengan rekan setimnya sehingga bisa terjalin kerja sama yang bagus dalam pertandingan.

Namun, hubungan baik tidak hanya harus dijalin dengan rekan setim. Anak-anak Anda juga harus bisa berhubungan baik dengan lawan mereka karena itu merupakan bagian dari sportivitas dalam olahraga.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat baseball untuk anak-anak

(Atlet baseball memukul bola Foto: Reuters)

Setiap orang berpeluang untuk berprestasi di dunia olahraga. Hal terpenting untuk melakukannya bukanlah bakat, tetapi rasa percaya diri. Seseorang dengan percaya diri tinggi tidak akan pernah menyerah untuk mencapai tujuannya. Jika hanya memiliki bakat saja, seseorang bisa terpuruk saat mengalami kegagalan karena tidak percaya dirinya dapat bangkit.

Rasa percaya diri akan dilatih dalam baseball. Kepercayaan diri anak-anak makin bertambah saat bisa memukul bola, menangkap bola, atau membawa timnya memenangkan pertandingan.

1. Membuat Tubuh Tetap Bugar

Manfaat baseball untuk anak-anak

(Atlet baseball melempar boal dengan keras Foto: Reuters)

Semua olahraga memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Setiap gerakan baseball menggunakan hampir semua otot di tubuh sehingga membantu anak-anak untuk membakar kalori dan mempercepat metbolisme tubuh mereka.

Selain itu, koordinasi antara setiap bagian tubuh anak Anda juga akan dilatih dalam baseball. Alhasil, respons anak Anda juga menjadi lebih baik ketimbang sebelumnnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini