Valentino Rossi Terpuruk di MotoGP 2021, Suppo: Bukan karena Umur!

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 38 2429618 valentino-rossi-terpuruk-di-motogp-2021-suppo-bukan-karena-umur-dYn9nxytQc.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

TAVULLIA – Mantan Manajer Tim Repsol Honda, Livio Suppo, turut mengomentari keterpurukan pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, di MotoGP 2021. Suppo menilai keterpurukan Rossi bukan karena umurnnya yang sudah 42 tahun.

The Doctor -julukan Rossi- bergabung ke Petronas SRT setelah Monster Energy Yamaha tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir musim lalu. Akan tetapi, perjalanan Rossi bersama Petronas SRT tidaklah mulus.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Rossi bahkan baru mengumpulkan 17 poin dari delapan seri balapan sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara. Rossi tampak kesulitan untuk bersaing dengan para pembalap muda dalam balapan.

Teranyar, Rossi finis ke-14 pada balapan MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu 20 Juni 2021. Hasil balapan itu mempertegas keterpurukan Rossi pada musim ini.

BACA JUGA: Jorge Lorenzo: Valentino Rossi Kemungkinan Besar Pensiun Musim Ini

Perjalanan Rossi pada musim ini meneruskan performa buruknya dalam beberapa musim terakhir. Suppo pun tidak tahu penyebab Rossi kesulitan meraih hasil apik dalam balapan.

Sekadar informasi, Rossi terakhir kali naik ke atas podium pada musim lalu ketika balapan di MotoGP Andalusia 2020. Saat itu, Rossi finis ketiga di belakang Fabio Quartararo (posisi kedua) dan Maverick Vinales (pemenang balapan).

“Dia telah menunjukkan peningkatan (finis ke-11 pada balapan MotoGP Prancis 2021), mungkin tes di (Sirkuit) Jerez membuatnya berhasil (di Prancis). Saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi kepadanya,” kata Suppo, dikutip dari Tuttomotoriweb, Rabu (23/6/2021).

“Pada 26 Juli tahun lalu, dia naik podium di Jerez (Spanyol), sedangkan dia berusaha keras pada balapan pertama tahun ini. Ini adalah sesuatu yang benar-benar aneh,” tuturnya.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

“Tidak mungkin hanya karena penambahan sepuluh bulan lagi di kartu identitas yang telah memperlambatnya. Akan sangat buruk baginya, dengan karier yang dia miliki, berakhir seperti ini,” ucap Suppo.

Selanjutnya, Rossi akan tampil pada balapan MotoGP Belanda 2021. Balapan seri kesembilan itu akan berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu 27 Juni 2021, malam WIB.

Rossi punya kenangan indah di Sirkuit Assen yang menjadi saksi kemenangan terakhir The Doctor pada 2017 silam. Meski sulit, Rossi diharapkan bisa mengulang hasil serupa pada akhir pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini