5 Manfaat Renang untuk Lansia

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 43 2429080 5-manfaat-renang-untuk-lansia-yIjJULIr5h.jpg Renang (Foto: Reuters)

MANFAAT renang untuk lansia bisa Anda ketahui di artikel ini. Sebagaimana diketahui, olahraga penting untuk semua orang. Lalu, olahraga apa yang cocok untuk lansia?

Renang bisa menjadi pilihan bagi para lansia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka. Berikut lima manfaat renang untuk lansia, dikutip dari Third Age, Selasa (26/4/2021).

BACA JUGA: Ukuran Lapangan Tolak Peluru, Bagaimana Bentuknya?

5. Menjaga Kolesterol

Renang (Foto: Istimewa)

(Aktivitas seseorang saat berenang)

Renang terbukti ampuh untuk menjaga jumlah kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, renang juga akan menjaga kesehatan dan fleksibelitas arteri dalam tubuh Anda.

4. Turunkan Risiko Diabetes

Renang (Foto: Istimewa)

(Perenang Indonesia Gagarin Nathaniel saat beraksi )

Diabetes merupakan penyakit yang dihindari setiap orang, baik muda maupun tua. Bagi lansia, penyakit ini menjadi lebih berbahaya.

Namun, risiko diabetes turun hingga enam persen setiap penurunan 500 kalori yang dibakar selama olahraga, seperti berenang. Sekadar informasi, berenang 30 menit akan membakar 900 kalori dan menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 10 persen.

3. Turunkan Stres

Renang (Foto: Istimewa)

(Olahraga renang bisa menurunkan stres)

Olahraga, termasuk renang, membuat tubuh kita memproduksi zat endorfin yang memicu rasa bahagia dan menurunkan stres. Selain itu, renang juga bisa memberikan efek tenang saat Anda mendengar suara air di sekeliling Anda.

2. Memperpanjang Umur

Renang (Foto: Istimewa)

(Olahraga renang bisa juga memperpanjang umur)

Kebiasaan berenang juga bisa memperpanjang umur, lho. Hal itu berdasarkan penelitian dari University of South Carolina.

Para peneliti University of South Carolina mengikuti 547 pria berusia 20 sampai 90 tahun selama 2 tahun. Mereka pun mengetahui, bahwa kebiasaan berenang bisa menurunkan risiko kematian hingga 50 persen. Persentase itu lebih bagus ketimbang olahraga lainnya.

1. Meredakan Radang Sendi

Renang (Foto: Istimewa)

(Olahraga renang berfungsi untuk meredakan radang sendi)

Peneliti sudah membuktikan, bahwa olahraga dengan air bisa meredakan rasa sakit arthritis atau radang sendi yang sering terjadi kepada lansia. Sekadar informasi, penderita arthritis mendapatkan manfaat lebih besar saat melakukan terapi di dalam air ketimbang olahraga lainnya. Oleh sebab itu, renang menjadi pilihan tepat bagi para lansia yang ingin berolahraga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini