Bukan Pakaian Balap yang Terbuka, Lorenzo Ungkap Masalah Utama Quartararo di Catalunya

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 38 2424532 bukan-pakaian-balap-yang-terbuka-lorenzo-ungkap-masalah-utama-quartararo-di-catalunya-nCSHre3ORK.jpg Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

LUGANO – Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, membeberkan penyebab utama Fabio Quartararo gagal mendulang hasil manis di MotoGP Catalunya 2021. Menurutnya, hasil minor ini didapat bukan karena insiden baju balap yang terlepas di tengah perlombaan, tetapi ada masalah lain yang lebih parah dialami Quartararo.

Sebagaimana diketahui, sosok Quartararo menjadi sorotan kala menjalani balapan di Sirkuit Catalunya, Spanyol, akhir pekan lalu. Hal ini terjadi karena pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu terlihat mengalami masalah dengan baju balapnya pada lap-lap akhir balapan.

Fabio Quartararo

Pada tiga lap terakhir, pembalap asal Prancis itu terlihat membuka risleting baju balapnya. Kemudian, Quartararo pun terlihat membuang pelindung dadanya.

BACA JUGA: Terpuruk, Valentino Rossi Kini Terpaut Sampai 100 Poin dengan Pemuncak Klasemen Fabio Quartararo

El Diablo -julukan Quartararo- akhirnya melanjutkan balapan dengan kondisi pakaian balap yang terbuka di bagian dada. Lantaran aksinya dipandang membahayakan, Quartararo langsung diganjar hukuman.

BACA JUGA: Intip Daftar Sementara Pembalap MotoGP 2022, Belum Ada Nama Valentino Rossi

Dia mendapat penalti tiga detik sehingga posisinya langsung melorot di daftar hasil keseluruhan MotoGP Catalunya 2021. Quartararo akhirnya harus puas hanya menempati urutan keenam.

Sejatinya, Quartararo sendiri digadang-gadang bakal memenangi balapan di MotoGP Catalunya 2021. Sebab, dia berhasil menyabet pole position sebelum balapan.

Terkait kegagalan ini, Lorenzo menilai Quartararo harus menerimanya bukan karena masalah baju balap yang terbuka di tengah perlombaan. Meski hal itu melebus fokus Quartararo, sang pembalap dinilai punya masalah lebih penting lainnya yang memengaruhi balapan, yakni ban.

Fabio Quartararo

“Quartararo juga mengalami masalah dengan ban depan. Dia juga melakukan kesalahan di tikungan pertama di awal, ketika mencoba menyerang Miller terlalu dini,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Minggu (13/6/2021).

“Aksinya ini menyebabkan dia kehilangan beberapa posisi. Kemudian, ada masalah dengan pakaian balapnya. Tapi, masalah sebenarnya adalah ban,” tukas juara dunia lima kali itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini