Gegara Baju Balap Terbuka di MotoGP Catalunya 2021, Fabio Quartararo Kena Semprot

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 38 2424229 gegara-baju-balap-terbuka-di-motogp-catalunya-2021-fabio-quartararo-kena-semprot-eOWoh4tlPD.jpg Fabio Quartararo (Foto: Twitter/@MotoGP)

INSIDEN baju balap Fabio Quartararo terbuka pada balapan MotoGP Catalunya 2021 masih jadi perbincangan. Kali ini, ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, menuduh Quartararo sengaja membuka baju balapnya.

Sebagaimana diketahui, Quartararo menjadi pusat perhatian saat balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 6 Juni 2021. Bagaimana tidak, pembalap Monster Energy Yamaha itu tampil dengan dada terlihat jelas saat balapan menyisakan tiga lap lagi karena baju balapnya terbuka.

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Selain itu, Quartararo pun terlihat membuang pelindung dadanya ke lintasan. Beberapa saat kemudian, Quartararo menutup pakaian balapnya.

Insiden itu membuat posisi Quatararo pun melorot di barisan depan. Alhasil, dia melakukan aksi kontroversial lain dengan memotong tikungan pertama dan kedua melalui jalur lebih pendek pada lap terakhir.

BACA JUGA: Quartararo Siapkan Kejutan untuk MotoGP Jerman 2021

Aksi itu membuat Quartararo menerima penalti sehingga harus puas dengan posisi keempat meski merupakan pembalap ketiga yang menyentuh garis finis. Tempat ketiga menjadi milik Miller yang mendapatkan untung dari penalti Quartararo.

Sementara itu, kemenangan menjadi milik Oliveira dan posisi kedua ditempati Johann Zarco (Pramac Ducati). Quartararo pun melewatkan kesempatan emas untuk naik ke atas podium di Sirkuit Catalunya.

Namun, kesialan Quartararo bertambah setelah balapan karena menerima penalti tambahan akibat aksinya melaju dengan dada terbuka tanpa pelindung. Pada akhirnya, Quartararo finis keenam dalam balapan MotoGP Catalunya 2021.

Quartararo mengaku insiden itu terjadi karena baju balapnya bermasalah. Akan tetapi, Chicho tidak melihatnya demikian.

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

“Satu-satunya penjelasan yang dapat saya temukan untuknya adalah dia membuka retsleting dirinya sendiri. Sebab, itu terlihat saat pelindung (dadanya) dilepas,” kata Chico, dikutip dari Motosan, Sabtu (12/6/2021).

“Mari lihat mengapa Anda melepas ini. Dua alasan, apakah baju balap Anda terbuka dan ada masalah, untuk alasan apa pun, yang pasti ada beberapa aerodinamika yang mengganggu Anda dan Anda melepasnya (pelindung dada) atau Anda menurunkan jumpsuit dan melepasnya karena itu (pelindung dada) mengganggu Anda. Kuncinya adalah mengapa Anda melepas pelindung dada Anda?” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini