Valentino Rossi Pensiun? Teman sang Ayah Bilang Begini

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 38 2423440 valentino-rossi-pensiun-teman-sang-ayah-bilang-begini-fohr5qwJH4.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

ROMA – Mantan pembalap kelas 500cc, Gaianni Rolando, mennyatakan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) masih memiliki banyak hal untuk balapan. Dia menilai The Doctor -julukan Rossi- tidak mesti pensiun meski sudah berumur 42 tahun.

Sebagaimana diketahui, Rossi tidak tampil bagus dalam beberapa musim terakhir ini. Keterpurukan Rossi membuat Monster Energy Yamaha tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada akhir musim lalu.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Yamaha memilih untuk merekrut Fabio Quartararo dari tim satelit mereka, Petronas SRT, sebagai pengganti Rossi. The Doctor turun kelas dengan mengisi posisi kosong di Petronas SRT usai kepergian Quartararo.

Meski bermain di tim satelit, Rossi mendapatkan motor yang sama seperti para pembalap pabrikan. Akan tetapi, Rossi tetap terpuruk pada musim ini.

Rossi baru mengumpulkan 15 poin dari tujuh seri balapan sehingga terdampar di posisi ke-19 klasemen sementara. Teranyar, pembalap berumur 42 tahun itu terjatuh pada balapan MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu 6 Juni silam.

BACA JUGA: Valentino Rossi Pensiun di MotoGP Belanda 2021, Gara-Gara Marc Marquez?

Sebelum bernasib buruk dalam balapan MotoGP Catalunya 2021, Rossi sempat menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di kualifikasi. Saat itu, Rossi mampu mengamankan tempat di kualifikasi 2 (Q2).

Seluruh anggota tim dan Rossi pun merayakannya dengan suka cita. Padahal, hal itu seharusnya tidak terlalu istimewa untuk legenda hidup MotoGP seperti Rossi.

Rolando menilai kegembiraan Rossi menunjukkan dirinya masih memiliki hasrat balapan layaknya seorang pemula. Hal itu membuat Rossi masih layak mengaspal lebih lama lagi meski tengah terpuruk, menurut teman ayah Rossi itu. Rolando bahkan menyebut Rossi Rooghie, kiasan dari bahasa Italia, yang dalam bahasa Indonesia berarti pemula dengan kerutan.

“Saya senang melihat seluruh tim Valentino (Rossi) di pit setelah latihan GP Barcelona, bersorak dengan gembira karena mereka telah mengamankan tempat kesepuluh dan, oleh karena itu, langsung masuk ke Q2,” kata Rolando, dikutip dari Motosan, Jumat (11/6/2021).

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

“Valentino sendiri tampak seperti pemula bagi saya di balapan MotoGP pertamanya ketika dia kembali ke pit. Dia telah mencapai tujuan yaitu menyegel tempat di Q2. Fantastis! Kita berbicara tentang seorang pembalap yang memecahkan segala macam rekor, dan sama bahagianya dengan seorang pemula,” ujarnya.

"Saya suka motor dan semua pembalap, tetapi Anda harus mengakui, bahwa Rossi memiliki ilusi dan keinginan untuk menjadi pemula dengan kerutan," ucap Rolando.

“Kejuaraan dunia masih panjang dan saya yakin jika Rooghie berhasil finis keempat, saya akan masuk pit dan merayakannya seolah-olah saya telah menang. Benar-benar berbeda dengan yang lain, yang setelah tempat keenam tampak seperti tiga hari hujan badai. Apa yang membuat perbedaan? Antusiasme seorang pemula yang tidak dimiliki semua orang” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini