Beda dengan Stoner, Lorenzo Tak Setuju Quartararo Dihukum karena Baju Balap Terbuka

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 38 2422279 beda-dengan-stoner-lorenzo-tak-setuju-quartararo-dihukum-karena-baju-balap-terbuka-A5up3lyBAI.jpg Jorge Lorenzo. (Foto: Instagram/@jorgelorenzo99)

LUGANO – Dua mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner, punya pandangan yang berbeda dalam memilik kasus baju balap terbuka Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021. Jika Stoner langsung menilai Quartararo perlu didiskualifikasi, Lorenzo justru memberi pembelaan dengan menyebut sang pembalap tak seharunya dihukum.

Sebagaimana diketahui, kondisi tak lazim dialami Quartararo kala mentas di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu 6 Juni 2021 malam WIB. Pada tiga lap terakhir, pembalap asal Prancis itu terlihat membuka risleting baju balapnya.

Fabio Quartararo

Kemudian, Quartararo pun terlihat membuang pelindung dadanya. El Diablo -julukan Quartararo- akhirnya melanjutkan balapan dengan kondisi pakaian balap yang terbuka di bagian dada.

BACA JUGA: Alpinestars Akhirnya Buka Suara soal Insiden Baju Balap Fabio Quartararo

Lantaran aksinya dipandang membahayakan, El Diablo -julukan Quartararo- langsung diganjar hukuman. Dia mendapat penalti tiga detik sehingga posisinya langsung melorot di daftar hasil keseluruhan MotoGP Catalunya 2021. Quartararo akhirnya harus puas hanya menempati urutan keenam.

BACA JUGA: Disindir Stoner soal Baju Balap Terlepas, Quartararo: Dia Takkan Bawel jika Mengalaminya Sendiri!

Pemberian hukuman kepada Quartararo ini mengundang pro dan kontra. Ada yang mendukung penuh sikap pihak penyelenggara MotoGP untuk mengganjarnya dengan hukuman. Tetapi, ada juga yang memberi pembelaan.

Lorenzo pun menjadi pihak yang memberi pembelaan kepada Quartararo. Juara dunia lima kali itu tak menampik bahwa aksi Quartararo memang membahayakan. Tetapi, pembalap Tim Monster Energy Yamaha itu dipandang tak melakukan kesalahan apa pun.

Bagi Lorenzo, Quartararo telah melakukan balapan dengan sangat baik, meski kondisinya sangat tak baik dalam balapan tersebut karena bajunya yang terbuka. Dengan kondisi ini, Lorenzo menilai tak seharusnya hukuman diberikan kepada Quartararo.

Jorge Lorenzo

“Itu bisa saja membahayakan. Tapi, Quartararo tidak memiliki kesalahan dan melakukannya dengan baik untuk melanjutkan balapan, untuk meraih poin penting di kejuaraan,” ujar

“Dia seharusnya tidak dihukum,” kata juara dunia lima kali itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini