Alpinestars Akhirnya Buka Suara soal Insiden Baju Balap Fabio Quartararo

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 38 2421975 alpinestars-akhir-buka-suara-soal-insiden-baju-balap-fabio-quartararo-7ljuhdEomt.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

BARCELONA – Produsen pakaian balap Alpinestars buka suara terkait insiden lepasnya baju balap pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo saat tampil di MotoGP Catalunya 2021. Ya, melalui akun Twitter resmi, Alipnestar akhirnya memberikan penjelasan penyebab insiden itu terjadi.

Sebagaimana diketahui, pada balapan yang berlangsung di sirkuit de Barcelona itu, Quartararo harus menjalani sisa lap dengan kondisi baju balapnya terbuka. Tak sampai di sana, ia kemudian sengaja membuang pelindung dadanya di tengah-tengah balapan.

Fabio Quartararo

Atas hal ini, Quartararo yang sebenarnya finis di posisi ke-3 harus mendapatkan penalti pengurangan 3 detik dan terlempar ke urutan 4. Sialnya lagi, hukuman pembalap usia 22 tahun ini ditambahkan karena melepas pelindung dada dengan sengaja hingga berakhir di urutan 6 pada MotoGP Catalunya 2021.

Melihat insiden ini, Alpinestars mencoba menjawab pertanyaan publik mengenai misteri yang terjadi di baju balap Quartararo tersebut. Produsen baju yang telah eksis di dunia balap sejak 1963 ini pun mulai berupaya mengidentifikasi permasalahan ini.

Baca Juga: Miguel Oliveira Bangga Bisa Manfaatkan Nasib Sial Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021

“Setelah balapan MotoGP hari Minggu di Circuit de Barcelona-Catalunya, tim Pengembangan Balap Alpinestars memulai penyelidikan terhadap integritas pakaian balap Fabio Quartararo,” tertulis dalam Twitter @alpinestars.

Berdasarkan analisis awal, didapati seluruh sistem dalam baju tersebut berfungsi normal seperti pada umumnya. Tak ditemukan kerusakan atau sesuatu yang tak berfungsi.

Meski begitu, Alpinestars menekankan bahwa ini baru penemuan dan analisis awal. Selanjutnya, mereka akan melakukan pengujian di laboratorium.

“Terletak di paddock MotoGP, tim menemukan setelan itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh. Selain itu, semua komponen setelan, termasuk Sistem Airbag Tech-Air®, masih utuh dan berfungsi penuh."

Miguel Oliveira

“Ini hanya penilaian pertama, untuk diselidiki lebih lanjut setelah gugatan tersebut berada di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars, melakukan semua pengujian dan analisis untuk memahami lebih lanjut tentang penyebab apa yang terjadi,”

Baca Juga: Miguel Oliveira Bangga Bisa Manfaatkan Nasib Sial Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021

“Sistem Airbag Tech-Air tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan, karena tidak ada situasi tabrakan,” tulis akun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini