Jadi Derek Marc Marquez di Kualifikasi MotoGP Catalunya 2021, Jack Miller Tak Masalah

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2420978 jadi-derek-marc-marquez-di-kualifikasi-motogp-catalunya-2021-jack-miller-tak-masalah-3vGLPv4UbL.jpg Jack Miller (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadikan Jack Miller sebagai dereknya di kualifikasi pertama (Q1) MotoGP Catalunya 2021. Akan tetapi, tidak seperti pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, Miller tidak masalah dengan strategi Marquez itu.

Sebagaimana diketahui, Marquez tampil tidak terlalu baik pada sesi latihan bebas pertama hingga keempat sehingga terlempar ke kualifikasi pertama (Q1). Demi lolos ke kualifikasi kedua (Q2), Marquez pun memakai strategi yang sama seperti kualifikasi MotoGP Italia 2021, yaitu slipstream dari pembalap tercepat di Q1.

Marc Marquez dan Jack Miller (Foto: MootGP)

Strategi itu sempat menjadi pembicaraan di MotoGP Italia 2021 karena pembalap Vinales tidak ikhlas menjadi derek Marquez di Q1. Vinales wajar kesal karena Marquez akhirnya memulai balapan dari posisi ke-11, sedangkan dirinya ada di tempat ke-13.

Meski begitu, Marquez menggunakan stratregi serupa di Q1 MotoGP Catalunya 2021. Sasaran Marquez kali ini adalah Miller, tetapi Jackass -julukan Miller- tidak mempermasalahkannya.

Miller justru menjadikan strategi Marquez sebagai bahan candaan. Miller dan Marquez bahkan bertukar candaan tentang bayaran slipstream saat akan tampil di Q1.

BACA JUGA: Tak Tahu Malu, Marc Marquez Manfaatkan Jack Miller di Kualifikasi MotoGP Catalunya 2021

"Perjalanan pertama (slipstream pertama) gratis. Akan tetapi, hal terpenting, yang saya pelajari dari waktu ke waktu, adalah saya harus memikirkan pekerjaan saya terlebih dahulu. Jika seseorang ingin mengikuti saya, apa masalahnya?” kata Miller, dikutip dari Motosan, Minggu (6/6/2021).

Marquez sayangnya gagal lolos ke Q2 meski telah memanfaatkan slipstream Miller. The Baby Alien -julukan Marc Marquez- hanya mampu menyegel posisi ke-13.

Miller justru mampu menembus Q2. Pembalap asal Australia itu bahkan mendapatkan posisi kedua. Dia berada di belakang pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, yang meraih pole position.

Infografis MotoGP 2021 (Foto: Okezone)

Kondisi itu membuat Miller berpeluang besar untuk memenangkan balapan. Akan tetapi, Miller harus bersaing ketat dengan Quartararo, pimpinan klasemen sementara, yang tampil luar biasa pada musim ini.

Sementara itu, Marquez harus berjuang keras untuk meraih hasil positif pada balapan MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2021) malam WIB. Perjuangan Marquez makin berat karena dia belum bugar 100 persen setelah absen balapan selama kurang lebih sembilan bulan karena lengan kanannya patah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini