Tak Tahu Malu, Marc Marquez Manfaatkan Jack Miller di Kualifikasi MotoGP Catalunya 2021

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2420971 tak-tahu-malu-marc-marquez-manfaatkan-jack-miller-di-kualifikasi-motogp-catalunya-2021-ttN6xIFyXK.jpg Marc Marquez dan Jack Miller (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendapatkan posisi ke-13 dalam kualifikasi MotoGP Catalunya 2021, Sabtu 5 Juni 2021. Posisi itu didapatkan Marquez dengan bantuan pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller.

Marquez tampil tidak terlalu baik pada sesi latihan bebas pertama hingga keempat. Alhasil, dia pun terlempar ke kualifikasi pertama (Q1).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Demi lolos ke kualifikasi kedua (Q2), Marquez pun memakai strategi yang sama seperti kualifikasi MotoGP Italia 2021. Dia menggunakan slipstream dari pembalap tercepat di Q1.

Strategi itu sempat menjadi pembicaraan di MotoGP Italia 2021 karena pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tidak terima menjadi derek Marquez di Q1. Vinales wajar kesal karena Marquez akhirnya memulai balapan dari posisi ke-11, sedangkan dirinya ada di tempat ke-13.

Kali ini, Marquez tidak menjadikan Vinales sebagai derek, tetapi Miller. Akan tetapi, strategi Marquez tidak berhasil. Marquez gagal lolos ke Q2 sehingga akan memulai balapan dari posisi ke-13, sedangkan Miller mampu menempati tempat kedua.

BACA JUGA: Hasil Sesi Pemanasan MotoGP Catalunya 2021: Marc Marquez dan Valentino Rossi di 10 Besar

Menurut pengakuan Marquez, Miller tidak masalah menjadi dereknya di Q1 karena sebelumnya mereka sudah membicarakannya di klinik. Kedua pembalap itu bahkan kembali berkelakar soal bayaran slipstream saat akan tampil di Q1.

Sementara itu, meski tidak mampu lolos ke Q2, Marquez tetap puas. Sebab, tujuan pembalap berjuluk The Baby Alien itu adalah memulai balapan dari posisi 15 besar. Balapan MotoGP Catalunya 2021 akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2021), malam WIB.

“Saya tidak kecewa karena tidak berhasil mencapai Q2. Itu tidak banyak berubah mulai 13 atau 11. Seperti yang terjadi di Mugello tempat saya pergi ke Q2 dan mulai 12, sama saja pada akhirnya,” kata Marquez, dikutip dari Motosan, Minggu (6/6/2021).

Infografis MotoGP 2021 (Foto: Okezone)

“Kemarin, saya bercanda dengan Miller di klinik karena dia ada di posisi 15 (sebelum memulai Q1) dan dia berkata, ‘Berapa Anda membayar saya?’ Semua pembalap Honda sedang menunggu seseorang, yang tercepat adalah Miller, dan kami berada di belakangnya, lalu dia bertanya kepada saya berapa banyak (bayarannya) dan saya memberi tahu dia kemudian (tertawa),” ucap pembalap asal Spanyol itu.

“Saya melakukan pekerjaan saya yaitu mencoba untuk berada di 15 besar yang tidak jauh dari pembalap terdepat,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini