MotoGP 2021, Marc Marquez Bongkar Rumitnya Masalah Honda

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 38 2420956 motogp-2021-marc-marquez-bongkar-rumitnya-kondisi-honda-7dMiko45Uj.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyatakan timnya sedang ditimpa banyak masalah. Hal itu diungkapkan Marquez jelang tampil pada balapan MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (6/6/2021) malam WIB.

Sebagaimana diketahui, Marquez baru kembali balapan setelah absen selama kurang-lebih sembilan bulan karena lengan kannya patah. Meski telah kembali, Marquez belum bugar 100 persen.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu tampil pertama kali di Sirkuit Algarve, Portugal. Pada balapan bertajuk MotoGP Portugal 2021 itu, Marquez finis ketujuh. Selanjutnya, Marquez finis kesembilan pada balapan MotoGP Spanyol 2021.

Namun, performa Marquez menurun karena fisiknya belum bugar. Marquez bahkan gagal mendapatkan poin karena terjajuh pada dua balapan terakhir, MotoGP Prancis 2021 dan MotoGP Italia 2021.

Selain fisik, Marquez juga bermasalah dengan motor Honda RC213V. Padahal, mesin RC213V sekarang tidak berbeda dari musim lalu sehingga Marquez seharusnya bisa tampil lebih baik lagi.

BACA JUGA: Marc Marquez Terpuruk, Honda dalam Ancaman Hak Konsesi di MotoGP 2022

Namun, Marquez ternyata juga kesulitan untuk mengeluarkan potensi masksimal dari RC213V. Kesulitan Marquez mungkin bisa dimaklumi karena kondisi fisiknya, tetapi para pembalap Honda lain, seperti Pol Espargaro (Repsol Honda), Takaaki Nakagami (LCR Honda), dan Alex Marquez (LCR Honda), juga mengalaminya.

Fakta itu menunjukkan ada masalah pada RC213V yang harus segera diperbaiki. Sebab, detail kecil bisa menentukan hasil akhir dalam persaingan ketat di MotoGP.

Infografis MotoGP 2021 (Foto: Okezone)

“Mesinnya sama seperti balapan 2020 di Sirkuit Jerez (Spanyol). Mesinnya tidak berubah, itu sama,” kata Marquez, dikutip dari Motosan, Minggu (6/6/2021).

“Jika saya mampu melakukan balapan itu (mengejar dari belakang hingga berada di posisi terdepan usai terjatuh) di Jerez, bahkan setelah saya jatuh, saya seharusnya bisa sedikit lebih baik (pada musim ini). Akan tetapi, saya tidak bisa membantu apa-apa dan hal-hal lain terjadi,” tuturnya.

“Kami mencoba untuk menemukan (hal-hal bagus untuk) masa depan atau basis, tetapi yang jelas adalah Pol, yang berasal dari KTM (Red Bull) dan telah mencapai hasil yang bagus dengan KTM, menderita seperti saya atau Nakagami, dan saudara laki-laki saya (Alex) bahkan tidak dapat memberi tahu Anda apa-apa lagi. Dia (Alex) menderita lebih dari tahun lalu sehingga semua pembalap (Honda), ke mana pun kami pergi, kami memiliki masalah yang sama,” ucap pembalap berumur 28 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini