Pol Espargaro Sebut Franco Morbidelli sebagai Penyebab Insiden di MotoGP Prancis 2021

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 38 2411623 pol-espargaro-sebut-franco-morbidelli-sebagai-penyebab-insiden-di-motogp-prancis-2021-2IW6sfFEQo.jpg Pol Espargaro (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Pembalap Tim Repsol Honda, Pol Espargaro, memberikan komentar soal insiden yang melibatkan dirinya, Franco Morbidelli, dan Valentino Rossi di MotoGP musim 2021 seri Prancis. Espargaro menyebut bahwa Morbidelli jadi penyebab utama insiden tersebut.

Dalam balapa yang berlangsung di Sirkuit Le Mans itu, ketiga memang melakukan start yang mulus dengan Espargaro berada di urutan keenam, Rossi ketujuh, sementara Morbidelli huni posisi kedelapan. Namun di Tikungan 10, Espargaro mengalami guncangan hebat pada motornya.

Pol Espargaro

Melihat hal itu, Rossi dan Morbidelli pun coba menyalip Espargaro. Akan tetapi Espargaro mampu bertahan, lalu langsung menarik gasnya demi menjaga posisinya agar tidak disalip oleh Morbidelli dan Rossi.

Situasi tersebut pun lantas membuat Morbidelli terekam kamera menabrak ban belakang motor Espargaro. Sementara Polyccio –julukan Espargaro– yang mendapatkan dorongan dari belakang motornya, menyengol ban belakang Rossi.

Baca Juga: Morbidelli Enggan Salahkan Pol Usai Jadi Penyebab Dirinya Kecelakaan di GP Prancis

Gara-gara hal itu, Morbidelli akhirnya kehilangan kendali pada motornya sehingga mengalami crash. Morbidelli sendiri gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Prancis 2021. Sedangkan Espargaro dan Rossi tetap melanjutkan balapan hingga akhir.

Seusai balapan, banyak pertanyaan seputar siapa yang menjadi penyebab terjadinya insiden di MotoGP Prancis tersebut. Sadar akan situasi pelik yang mulai terlihat, Morbidelli mengakui bahwa ia memang bertanggung jawab penuh atas terjadinya insiden tersebut.

Espargaro sendiri membenarkan bahwa Morbidelli memang jadi penyebab utama insiden di MotoGP Prancis 2021 itu terjadi. Sebab menurut pandangan Espargaro, Morbidelli terlalu lambat menarik tuas rem hingga mengakibatkan insiden itu terjadi.

“Franco datang terlalu agresif dan melakukan kesalahan pada pengereman. Ia membuat saya keluar garis balap, dan pada jalur luar, saya mendapati Vale, hingga saya jadi membuatnya keluar garis juga,” jelas Espargaro, seperti disadur dari Motorsport Total, Selasa (18/5/2021).

Pol Espargaro

“Saya bertemu dengan Vale di paddock dan ia sepakat dengan saya. Jelas Franco mengerem terlalu lamban dan ia jadi menyenggol saya. Hal seperti memang acap kali terjadi dalam sebuah balapan,” sambungnya.

Baca Juga: Pol Espargaro: Jadi Pembalap Honda Ternyata Memang Berat

“Jadi, saya tidak akan mengeluh. Pasalnya harus diakui bahwa ini merupakan sebuah insiden balap biasa, tapi kami tak boleh mengabaikan siapa yang memicu insiden ini, dan siapa yang menyenggol pembalap lain,” tuntas pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini