Nyaris Gagal Total, Francesco Bagnaia Puas Finis Keempat di Le Mans

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 38 2411609 nyaris-gagal-total-francesco-bagnaia-puas-finis-keempat-di-le-mans-Mf8G5PMju0.jpg Francesco Bagnaia (Foto: motogp.com)

BOLOGNA – Hasil cukup memuaskan mampu didapatkan oleh pembalap Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, kala menjalani balapan di MotoGP musim 2021 seri Prancis. Dalam balapan tersebut, Bagnaia berhasil finis di posisi keempat.

Bagnaia sendiri memang mengawali pekan balap di MotoGP Prancis 2021 dengan performa tak terlalu mengesankan. Pasalnya, Bagnaia hanya mampu menempati posisi ketujuh kala menjalani sesi latihan bebas pertama usai mencatatkan waktu 1 menit 40.256 detik.

Pada sesi latihan bebas dua, Bagnaia memang mampu memperbaiki posisinya dengan berada di posisi kelima. Bahkan kala menjalani sesi latihan bebas tiga, pembalap jebolan akademi VR46 tersebut berhasil mengklaim posisi ketiga.

Francesco Bagnaia

Akan tetapi pada sesi latihan bebas empat, Bagnaia terjun bebas dengan hanya menghuni posisi ke-21. Hal tersebut membuat Bagnaia gagal lolos ke Q2 MotoGP Prancis, dan memulai balapan di Sirkuit Le Mans itu dari posisi ke-16.

Posisi itu tentu membuat Bagnaia kesulitan untuk tampil kompetitif di MotoGP Prancis 2021. Bahkan Bagnaia sendiri sempat melorot ke urutan ke-19 di awal-awal balapan. Namun, hujan mulai mengguyur pada Lap 4, dan semua pembalap berganti ke motor kedua dengan setup kondisi basah pada akhir Lap 5.

Baca Juga: 5 Calon Pemenang MotoGP Prancis 2021, Ada Wakil Tuan Rumah

Momen tersebut lantas dimaksimalkan Bagnaia untuk bisa membalikkan keadaan. Pasalnya semenjak berganti motor, pembalap berkebangsaan Italia tersebut mampu tampil kompetitif hingga akhirnya finis keempat di MotoGP 2021.

Seusai menjalani balapan di MotoGP Prancis 2021, Bagnaia pun memberikan komentarnya. Ya, Bagnaia memang tidak menampik bahwa balapannya di MotoGP Prancis 2021 telah terselamatkan berkat flag-to-flag.

“Balapan yang sangat panjang, namun juga terasa cukup menyenangkan. Tentu saya sedikit kecewa hanya bisa menyelesaikan balapan di posisi keempat, namun saya hanya kehilangan tiga poin dari Fabio (di klasemen MotoGP 2021),” jelas Bagnaia, seperti disadur dari GPOne, Selasa (18/5/2021).

“Jadi, saya merasa cukup puas dengan apa yang saya dapatkan dalam balapan kali ini. Meski harus diakui bahwa pergantian motor menyelamatkan saya. Dengan motor kering yang saya pakai start, ada hal yang salah, saya rasa kopling-nya,” sambungnya.

Francesco Bagnaia

“Saya sudah punya perasaan aneh sejak Jumat, tapi kami tak tahu apa masalahnya ketika tak menjalani banyak lap dalam kondisi kering. Jadi, saya berdoa agar hujan turun. Sayang saya melakukan kesalahan di pitlane, 3 km/jam lebih cepat dari yang diperbolehkan, hingga dapat penalti long lap dua kali.”

Baca Juga: Francesco Bagnaia Punya Keraguan jika MotoGP Prancis 2021 Diguyur Hujan

“Akan tetapi saya merasa cukup nyaman pada saat berkendara di kondisi basah. Saya mendapatkan beberapa keberuntungan dalam balapan yang gila ini. Tahun lalu saya kesulitan dalam kondisi ini, jadi kini saya hanya bisa senang,” tuntas pembalap berusia 24 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini