Vinales Kagumi Keberanian Quartararo yang Melaju Kencang di Lintasan Basah

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 38 2411355 vinales-kagumi-keberanian-quartararo-yang-melaju-kencang-di-lintasan-basah-VFGR674VEz.jpg Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: MotoGP)

LE MANS – Balapan MotoGP Prancis 2021 diwarnai berbagai kejadian menarik, salah satunya hujan yang mengguyur Sirkuit Le Mans membuat pembalap harus megganti motornya di tengah race. Namun, sebelum pergantian motor itu para pembalap harus berusaha keras melajukan motornya di tengah kondisi lintasan yang basah.

Bagi pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, balapan di tengah lintasan yang basah sangatlah sulit. Terlebih pada saat itu ia sudah terlanjur menggunakan ban bertipe slick yang lebih cocok dipakai di trek yang kering.

Karena penggunaan ban yang tidak cocok itu, Vinales lantas kesulitan pada balapan yang berlangsung Minggu 16 Mei 2021 malam WIB tersebut. Sampai-sampai rider asal Spanyol tersebut harus rela menerunkan kecepatannya agar tak mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Gagal Raih Podium di Le Mans, Begini Dalih Maverick Vinales

Maverick Vinales

Keputusan Vinales memelankan motornya lantas membuat ia kehilangan jarak dengan para rider yang berada di jajaran terdepan. Termasuk ia tertinggal dari rekan setimnya, yakni Fabio Quartararo.

Berbeda dengan Vinales, Quartararo nyatanya mampu tetap bisa melaju kencang saat masih menggunakan ban slick di tengah kondisi lintasan Sirkuit Le Mans yang basah. Melihat hal tersebut, Vinales pun kagum dengan Quartararo.

Vinales tepatnya takjub dengan keberanian Quartararo yang tetap memaksa motor YZR-M1 melaju sangat kencang di tengah kondisi trek yang basah tersebut. Vinales sendiri tak berani dan justru melakukan kesalahan saat hujan mengguyur Sirkuit Le Mans tersebut.

“Saya percaya bahwa Fabio (Quartararo) memiliki keberanian yang besar karena melaju di trek yang sedang dalam kondisi yang basah dan menggunakan ban bertipe slick,” kata Vinales, melansir dari GPOne, Senin (17/5/2021).

“Sementara saya hari ini justru melakukan kesalahan, semuanya adalah murni kesalahan saya. Karena kesalahan itu saya kehilangan para pembalap terhebat (yang berada di depan),” tambahnya.

Fabio Quartararo

Vinales sendiri mengakui banyak melakukan kesalahan saat tampil di MotoGP Prancis 2021 itu. Baginya tak mudah menjalani balapan yang awalnya kering tiba-tiba berubah menjadi basah.

“Itu adalah balapan yang sulit (balapan flag-to-flag). Terutama ketika Anda menghadapi dari kering ke basah. Itu benar-benar mengerikan. Hari ini semuanya murni kesalahan saya. Saya tak memiliki dalih dan harus membayar mahal untuk itu (Vinales finis di posisi ke-10),” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini