Gagal Tembus 10 Besar di MotoGP Prancis, Valentino Rossi: Ini Balapan Membingungkan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 17 Mei 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 38 2410962 gagal-tembus-10-besar-di-motogp-prancis-valentino-rossi-ini-balapan-membingungkan-2XR4bTGIqN.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, cukup menyayangkan kondisi balapan saat mentas di MotoGP Prancis 2021. Cuaca yang tak menentu di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu 16 Mei 2021 malam WIB membuat VR46 mengaku kebingungan.

Valentino Rossi mengaku sejatinya akan tampil kompetitif jika kondisi balapan terjadi dalam kondisi basah. Sementara jika dalam kondisi kering ia yakin tidak akan terlalu buruk. Tetapi, ia merasa sangat menderita jika cuaca di lintasan berubah-ubah.

Valentino Rossi

Sayangnya, itulah yang terjadi di MotoGP Prancis 2021. Mengawali balapan dengan kondisi kering, tetapi cuaca tiba-tiba berubah mendung dan hujan turun. Lalu beberapa putaran, cuaca kembali panas dan lintasan mengering.

Baca juga Cuaca Tak Menentu, Valentino Rossi: Balapan di Prancis Akan Sangat Sulit

“Sayang sekali kami memiliki kondisi yang kami lakukan hari ini. Karena saya sebenarnya kompetitif di musim basah dan tidak terlalu buruk di musim kemarau, tetapi saya menderita dalam kondisi campuran,” ungkap Valentino Rossi, mengutip dari laman resmi Yamaha, Senin (17/5/2021).

Baca juga Valentino Rossi Takut Balapan di MotoGP Prancis 2021, Kenapa?

“Balapan itu membingungkan dan sulit, tetapi ini adalah Le Mans dan telah seperti ini sejak Jumat,” sambungnya.

Pada balapan tersebut, Valentino Rossi harus puas finis di urutan ke-11. Valentino Rossi pun mengawali balapan dengan baik. Sayangnya ia sempat merosot ke urutan ke-13 sebelum akhirnya sedikit diuntungkan dengan situasi flag-to-flag pada akhir lap kelima.

Turunnya hujan deras membuat para pembalap masuk ke pit lane dan bertukar dengan motor set-up ban basah. Kondisi ini membuat VR46 sempat naik ke posisi 12 dan secara perlahan menduduki urutan ke-10.

Sayangnya saat kondisi berubah dan trek mulai mengering, Valentino Rossi gagal mempertahankan kecepatan baiknya. Alhasil, pembalap berpaspor Italia itu harus puas finis di posisi ke-11 dan membawa pulang lima poin.

Valentino Rossi

“Mungkin saya bisa melakukannya lebih baik dengan ban yang mengalami hujan sedang, tetapi mudah untuk mengatakannya setelah balapan,” imbuh pembalap berusia 42 tahun tersebut.

“Saya menanti untuk berada di Mugello berikutnya, meskipun itu memalukan karena tidak ada penggemar yang selalu hebat di sana,” pungkas pembalap berpaspor Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini