Marc Marquez Pensiun, Ini 3 Calon Pembalap Penggantinya di Repsol Honda

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 38 2408224 marc-marquez-pensiun-ini-3-calon-pembalap-penggantinya-di-repsol-honda-KCoCryYCSS.jpg Marc Marquez saat turun di MotoGP Spanyol 2021. (Foto: REUTERS/Jon Nazca))

MARC Marquez terikat kontrak bersama Repsol Honda hingga akhir MotoGP 2024. Namun, jika Marc Marquez merasa tak lagi kompetitif berkiprah di lomba balap motor paling prestisius ini, The Baby Alien –julukan Marc Marquez– bisa saja pensiun sebelum kontraknya berakhir.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race

Jika Marc Marquez menunjukkan performa di dua race awal MotoGP 2021 (finis ketujuh dan kesembilan) hingga akhir musim ini, bukan tak mungkin rider 28 tahun ini pensiun di akhir kompetisi. Jika Marc Marquez pensiun, siapa yang layak menggantikan posisinya?

Berikut 3 pembalap yang bisa gantikan posisi Marc Marquez di Repsol Honda:

3. Jack Miller (Ducati Lenovo)

Jack Miller

Kontrak Jack Miller bersama Ducati Lenovo hanya tersisa hingga akhir MotoGP 2021. Karena itu, rider berpaspor Australia ini bisa saja menggantikan posisi Marc Marquez di MotoGP 2022.

Kehadiran Jack Miller juga menimbulkan optimisme di tubuh Repsol Honda. Sebab, Repsol Honda mempunyai catatan apik dengan pembalap berpaspor Australia layaknya Jack Miller.

BACA JUGA: Perbandingan Kiprah Pedro Acosta, Rossi dan Marquez di Musim Perdana Ajang Grand Prix

Dalam kurun 1994-1998, Repsol Honda menjadi juara dunia di bawah kendali Mick Doohan. Kemudian pada 2011, giliran Casey Stoner yang berjaya. Jadi, sanggupkah Jack Miller mengulangi jejak dua seniornya di atas?

2. Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo)

Pedro Acosta

Usianya memang baru 16 tahun, namun Pedro Acosta sudah mencuri perhatian. Di empat race awal Moto3 2021, rider asal Spanyol memenangkan tiga race di antaranya! Sementara satu balapan lagi, Pedro Acosta finis di posisi dua.

Karena itu, Pedro Acosta digadang-gadang menjadi The Next Marc Marquez. Saat ini, juara MotoGP termuda dipegang Marc Marquez di usia 20 tahun 266 hari.

1. Johann Zarco (Pramac Ducati)

Johann Zarco

Johann Zarco menyandang status dua kali juara dunia kelas Moto2 (2015 dan 2016). Hal itu menunjukkan rider asal Prancis ini memiliki kualitas untuk bersaing di jalur juara. Johann Zarco sempat memimpin klasemen MotoGP 2021.

Di dua race awal MotoGP 2021, rider 31 tahun ini selalu finis di posisi dua. Kontrak Zarco bersama Pramac Ducati pun berakhir di pengujung MotoGP 2021. Karena itu, akankah manajemen Repsol Honda akan menunjuk Johann Zarco sebagai suksesor Marc Marquez?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini