Banyak Pembalap Alami Cedera Arm Pump, Ini Tanggapan Valentino Rossi

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 38 2406772 banyak-pembalap-alami-cedera-arm-pump-ini-tanggapan-valentino-rossi-7Kf0fgHWbK.jpg Fabio Quartararo dan Valentino Rossi (Foto: Instagram/Fabioquartararo20)

JEREZ - Arm pump jadi salah satu cedera yang tengah menghantui para pembalap MotoGP saat ini. Terbaru, rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami cedera ini saat mentas di MotoGP Spanyol 2021 kemarin.

Dalam istilah medis, cedera arm pump dikenal dengan sebutan chronic exertional compartment syndrome (CECS) atau dalam kasus yang lebih serius disebut acute compartment syndrome (ACS).

Arm pump disebabkan penggunaan tangan yang berlebihan dalam satu pekerjaan khusus. Bagi pembalap MotoGP dan motocross, kendala kerap dirasakan di area lengan bawah.

Salah satu tanda arm pump adalah timbulnya nyeri hebat dalam beberapa menit setelah berkendara.

Baca juga: Tim Balap Rossi Masih Bingung Tentukan Mesin Motor

Melihat banyaknya pembalap sekarang yang mengalami cedera arm pump, rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi punya panadangan sendiri terkait hal tersebut.

 Menurutnya, cedera arm pump yang belakangan semakin sering terjadi di antara para rider juga diakibatkan semakin cepat dan bertenaganya motor-motor MotoGP di era modern.

"Sindrom kompartemen sangat terhubung dengan tenaga mesin, peningkatan performa motor, akselerasi, kecepatan, dan pengereman," ujar Rossi seperti dilansir dari laman Speedweek, Kamis (6/5/2021).

"Motor MotoGP kini melaju sangat cepat. Jadi saya rasa itu mungkin jadi salah satu alasannya," lanjut The Doctor.

"Tak pernah menderita masalah ini sungguhlah menyenangkan, karena ketika melaju sangat cepat di atas motor, masalah ini bisa muncul" tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini