Curhatan Gloria Emanuelle Widjaja yang Tuntut BWF Bertindak Adil

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 40 2403784 curhatan-gloria-emanuelle-widjaja-yang-tuntut-bwf-bertindak-adil-ugEqjckvCc.jpg Gloria Emanuelle Widjaja (Foto: Bagas Abdiel/Okezone)

JAKARTA – Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Gloria Emanuelle Widjaja, mengungkapkan keluh kesahnya yang tengah berjuang mendapatkan tempat di Olimpiade Tokyo. Ia menilai bahwa Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sedang tidak berlaku adil dalam hal penghitungan poin Olimpiade.

Hal ini terjadi lantaran salah satu turnamen yang masuk dalam hitungan poin Olimpiade yakni Kejuaraan Asia 2021 telah tertunda. Ajang yang sedianya berlangsung di China pada 27 April hingga 2 Mei 2021 tersebut terpaksa ditunda karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Gloria Emanuelle Widjaja

Akan tetapi, pada sisi lain, Kejuaraan Eropa yang juga masuk dalam hitungan poin Olimpiade tetap terlaksana sesuai jadwal. Kompetisi tersebut telah berlangsung di Kiev, Ukraina sejak 27 April lalu dan berakhir pada 2 Mei 2021.

Baca juga Terima Vaksin untuk Atlet, Pebulu Tangkis Cantik Gloria Emanuelle Harap Dunia Olahraga Cepat Pulih

Hal ini jelas merugikan bagi pemain Asia yang juga tengah mengejar poin Olimpiade. Apalagi, Gloria bersama Hafiz Faizal yang sampai saat ini posisinya masih belum aman untuk lolos ke ajang empat tahunan tersebut.

Baca juga Indonesia Turunkan 17 Wakil di Singapura Open 2021

Hafiz/Gloria saat ini ada di peringkat kedelapan dan masih berpotensi digeser pemain-pemain lainnya. Terutama ada dua pasangan dari Eropa yang berpotensi menggeser tempat mereka. Mereka adalah Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) dan Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris).

Karena situasi tersebut, Gloria mengungkapkan keluh kesahnya di Instagram. Pemain kelahiran Bekas itu pun tak lupa menandai akun resmi BWF agar bisa membaca keluhannya secara langsung untuk mempertanyakan keadilan.

“Selama periode kualifikasi Olimpiade ini, setiap turnamen sangat penting bagi para pemain yang berjuang untuk mengumpulkan poin,” curhatan Gloria pada akun Instagram-nya dikutip Sabtu (1/5/2021).

“Sekarang Kejuaraan Eropa sedang berlangsung, dan memiliki kontribusi pada skor kualifikasi Olimpiade,” tambah pemain berusia 27 tahun tersebut.

Gloria Emanuelle Widjaja

“Sementara itu, Kejuaraan Asia dibatalkan karena pandemi, ini berarti benua Eropa memiliki kesempatan turnamen ekstra untuk mendapatkan lebih banyak poin. Jadi, bagaimana ini adil bagi para pemain Asia yang juga memperebutkan poin Olimpiade?,” sambungnya.

“Kami berharap BWF dapat melihat hal ini dan memiliki solusi yang lebih baik agar adil bagi para pemain,” pungkas pemain berpostur 182 cm tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini