Marc Marquez Kritisi Modifikasi Perangkat Baru Pada Motor Honda

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 38 2400417 marc-marquez-kritisi-modifikasi-perangkat-baru-pada-motor-honda-GIltjFvjaD.jpg Marc Marquez (Foto: motogp.com)

ANDORRA – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, memberikan tanggapan soal Inovasi dan pemutakhiran mesin berupa sistem Holeshot device atau alat bantu start mulai diterapkan para pabrikan dalam mengarungi MotoGP 2021. Meski bertujuan untuk membuat motor lebih nyaman, Marquez justru tidak begitu menyukainya.

Sistem baru ini awalnya dirancang oleh Ducati pada tahun 2019, yang memungkinkan peredam kejut belakang dikompresi secara manual untuk start yang lebih cepat. Dalam beberapa balapan terakhir di tahun yang sama, para pembalap mulai mengaktifkannya untuk mengoptimalkan akselerasi di luar tikungan.

Perangkat ini bernama Holeshot yang cara kerjanya yakni, pembalap menekan suspensi belakang hingga titik maksimal. Kemudian secara otomatis membuat ban belakang motor lebih rendah dan mengunci.

Marc Marquez

Pada saat mengunci, ban depan akan lebih berat sehingga tak terangkat saat memulai start. Biasanya, inilah yang membuat para pembalap melakukan start yang buruk.

Saat ini, Holeshot tak lagi dapat berfungsi ketika start saja, namun juga ketika di tengah balapan. Pembalap dengan mudah menekan tombolnya di setang untuk membantunya saat tikungan yang berpotensi menaikkan ban depan juga.

Baca Juga: Lorenzo Kritik Honda yang Jadikan Marc Marquez Primadona

Teknologi ini bisa tergolong baru di MotoGP, sehingga tampak masih asing bagi para pembalap senior di antaranya Marc Marquez. Bahkan, pembalap yang telah meraih gelar juara enam kali ini mengatakan keberadaan Holeshot tak ada gunanya.

"Saya tidak pernah menggunakannya. Hari ini mereka menjelaskan kepada saya tentang perangkat tersebut. depan dan belakang, dan kami akan menggunakannya, karena semua orang menggunakannya dan itu adalah sesuatu yang harus saya biasakan,” ucap Marquez dikutip dari laman Corsedimoto, Minggu (25/4/2021).

“Tidak ada gunanya memiliki perangkat holeshoot ini. Dua tahun lalu kami tidak memiliki holeshoot. Sekarang semua orang menggunakannya, dan tentu saja kami juga akan melakukannya, pabrik banyak berinvestasi sehingga setiap orang memiliki perangkat ini,” ujarnya.

“Tetapi bagi saya itu adalah tambahan yang tidak meningkatkan pertunjukan dan akan membuat penyalipan lebih sulit. Saya akan menggunakannya, ya, tapi kesan pertama saya adalah bahwa saya tidak menyukainya ,” tambah pembalap asal Spanyol ini.

Marc Marquez

Ya, Marquez diprediksi akan menggunakan sistem baru ini selama ajang MotoGP 2021 ke depannya. Sebelumnya, rekan setimnya Pol Espargaro telah menguji cobanya pada sesi tes pra-musim di Qatar Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Repsol Honda Tunggu Kejutan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2021

Marquez sendiri bakal kembali beraksi dalam lanjutan MotoGP 2021 pada 2 Mei 2021 mendatang. Ya, Marquez dipastikan bakal berpartisipasi dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini