Menakar Panasnya Persaingan Lewis Hamilton-Max Verstappen di F1 2021

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 37 2397639 menakar-panasnya-persaingan-lewis-hamilton-max-verstappen-di-f1-2021-W9AxP2BEUD.jpg Max Verstappen dan Lewis Hamilton (Foto: @F1)

DOMINASI Tim Mercedes-AMG Petronas bersama Lewis Hamilton yang kerap memonopoli gelar juara dunia Formula 1 (F1) beberapa musim terakhir tampaknya akan goyang tahun ini. Ya, torehan indah itu berpotensi bakal diakhiri pembalap Tim Red Bull, Max Verstappen, yang tampil impresif di F1 2021.

Verstappen, pemuda berusia 23 tahun yang membuat Hamilton tak tampil tenang di garis depan selama F1 GP Bahrain maupun GP Imola 2021. Di mana ada Hamilton, di situ ada Verstappen membuntuti, begitu sebaliknya. Aksi tikung menikung kedua pembalap ini diprediksi tak hanya berakhir di lintasan aspal.

Lewis Hamilton vs Max Verstappen

Persaingan dimulai sejak seri perdana F1 GP Bahrain 2021 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu 28 Maret 2021. Aksi saling salip dari kedua pembalap ini paling mencuri perhatian penggemar.

Bagaimana tidak, Verstappen yang terlihat di atas angin menorehkan waktu tercepat di latihan bebas pertama, kedua, dan kualifikasi harus mengakui keunggulan Hamilton di sesi balapan. Hamilton berhasil lebih cepat 0,7 detik dari pembalap Red Bull ini.

Baca Juga: Hamilton Akui Ceroboh di F1 GP Emilia Romagna 2021

Adu strategi tak hanya berada pada individu s ang pembalap, namun juga memaksa keseluruhan tim untuk memutar otak. Kekalahan Verstappen pada seri ini bisa dikatakan kesalahan strategi saat Red Bull memanggil Verstappen masuk ke pit, berimbas pada defisit 6 detik dari Hamilton di awal balapan.

Serupa tapi tak sama, fenomena mengejutkan juga terjadi di seri kedua F1 GP Emilia Romagna 2021, Minggu 18 April lalu. Verstappen menjadi penguasa di sesi latihan bebas terakhir dan mengasapi Hamilton di urutan ketiga.

Namun,keadaan berbalik di babak kualifikasi, kini justru Hamilton yang dapat merebut pole position meninggalkan Verstappen di urutan ketiga. Hamilton finis dengan waktu terbaiknya dengan 1 menit 14,411 detik, sementara Verstappen dengan 1 menit 14,498 detik.

Nasib sial justru menimpa Hamilton di sesi puncak, di mana mobilnya kehilangan kendali saat memasuki lap ke-31 dan keluar ke gravel. Kesempatan ini tak disia-siakan Verstappen hingga akhirnya sukses jadi penguasa Sirkuit Imola, meninggalkan Hamilton di urutan dua.

Max Verstappen

Kemenangan masing-masing kedua pembalap membuahkan persaingan ketat juga di tabel klasemen. Saat ini, Hamilton menjadi pemuncak dengan 44 poin hanya terpaut 1 poin dari Verstappen (43).

Baca Juga: Klasemen Sementara F1 Usai GP Emilia Romagna 2021: Verstappen Pepet Hamilton

Dari hasil dua balapan tersebut sudah terlihat ambisi kedua pembalap ini untuk meraup gelar juara dunia F1 2021. Maka tak salah bila potensi tikung menikung di antara mereka takkan berhenti di sepanjang musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini