Melempem hingga seri Ketiga MotoGP 2021, Valentino Rossi Banyak Alasan

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 19 April 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 38 2397062 melempem-hingga-seri-ketiga-motogp-2021-valentino-rossi-banyak-alasan-wykQVkheuO.jpg Valentino Rossi (motogp.com)

PEMBALAP Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, kembali tampil mengecewakan dalam MotoGP 2021 yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu 18 April 2021 malam WIB. Pasalnya, pembalap yang telah tujuh kali juara dunia MotoGP ini baru mendulang 4 poin dari balapan yang telah digelar 3 seri. Ia pun tertahan di posisi 19 klasemen sementara.

Pada balapan MotoGP Portugal 2021 itu, Rossi tidak mendapatkan poin karena harus terjatuh di pertengahan lap. Hal ini menjadi rentetan tren negatif The Doctor-julukan Rossi.

Baca Juga: Valentino Rossi Alami Perasaan Tak Biasa saat Tikung sang Adik di MotoGP Portugal

Dalam beberapa kesempatan Rossi mengemukakan alasannya tak tampil apik sejauh ini. Berikut beberapa dalih yang ia lontarkan:

- Start yang Buruk

Valentino Rossi

Pada balapan seri pertama di MotoGP Qatar 2021 pada 29 Maret 2021 lalu, The Doctor sebenarnya memulai balapan dari posisi keempat, namun ia terlihat keteteran sejak awal. Selepas start, dia dilewati beberapa pebalap di belakangnya, sehingga turun ke urutan ketujuh.

Hingga saat menyisakan sembilan lap, Valentino Rossi semakin tergerus ke urutan 15. Akhirnya, Akhirnya, rider berkebangsaan Italia itu hanya bisa menyelesaikan balapan di urutan ke-12. Ia pun beralasan bahwa dirinya telah melakukan start yang buruk.

“Saya kehilangan terlalu banyak waktu di beberapa lap pertama. Saya mengharapkan lebih,” kata Rossi mengutip dari Speedweek.

- Masalah Ban

Meski begitu, Rossi juga mengemukakan alasan lainnya, ia menyalahkan kondisi motor yang digunakan. Menurutnya, ban lunak yang dipasang pada motornya membuatnya tak bisa melaju lebih cepat.

"Pagi ini (Minggu) saya bisa cepat menggunakan ban keras, saya punya kecepatan yang bagus. Saya bisa mencapai satu menit 55,2 detik. Masalahnya adalah kami semua turun menggunakan ban lunak dan saya kesulitan memakai ban lunak," ucap Rossi dikutip dari corsedimoto pada saat itu.

Atas hal ini, tim Tim Petronas Yamaha SRT mewujudkan keinginan Rossi pada race berikutnya di MotoGP Doha 2021, Senin 5 April 2021 lalu. Rossi pun merasa lebih nyaman. Namun tetap saja ia harus finis pada urutan ke 16. Kali ini dia berdalih ada masalah teknis di motornya.

“Dalam pemanasan saya melakukannya dengan baik dengan ban yang keras. Hari ini kami menemukan sesuatu (masalah) di elektronik, kami kembali ke konfigurasi yang sudah lama tidak saya gunakan,” pungkas Rossi.

- Mulai dari belakang

Sejumlah evaluasi dan perbaikan telah diaplikasikan pada motornya. Namun tetap saja Rossi tak bisa finis pada posisi yang sesuai harapan.

Benar saja, ia justru malah terjatuh pada lap ke-14 di seri ketiga Portugal, Kali ini dia berdalih merasa kesulitan karena memulai balapan dari posisi belakang.

Pada balapan kali ini, Rossi memang harus memulai start dari posisi ke17 Pasalnya, ia hanya dapat mengikuti kualifikasi satu (Q1) tanpa melenggang ke kualifikasi berikutnya (Q2).

Valentino Rossi

“kecepatan saya tidak buruk, tetapi secara logis sulit ketika Anda mulai dari belakang, dari belakang. Saya pikir saya bisa selesai dalam sepuluh besar tetapi, sayangnya, saya kehilangan bagian depan antara pada belokan sepuluh dan sebelas. Itulah titik di mana ban mengalami banyak tekanan di sisi kanan. itu memalukan, karena saya bisa mendapatkan beberapa poin yang akan meningkatkan semangat saya,” dikutip dari laman Gpone, Senin (19/4/2021)

Meski begitu, Rossi menilai balapannya kali ini lebih baik dari sebelumnya. Ia pun menjanjikan performa yang meningkat pada race berikutnya.

Baca Juga: Marc Marquez Finis Ke-7 di MotoGP Portugal, Valentino Rossi Beri Peringatan

“Balapan hari ini berjalan lebih baik karena kami memperbaiki pengaturan motor, terutama untuk fase pengeraman,” ucap Rossi

“Selain itu, penggunaan ban belakang hard memberi saya perasaan yang lebih baik dan stabilitas yang lebih baik,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini